Andika Perkasa: Pembangunan Desa Modal Perkuat Ketahanan Nasional

ANP • Monday, 9 Oct 2023 - 17:57 WIB

JAKARTA - Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa meyakini pembangunan desa bisa menjadi modal penting untuk memperkuat ketahanan nasional. Andika Perkasa mendorong kepada setiap elemen masyarakat, baik aparatur pemerintahan, swasta, maupun masyarakat umum untuk memberikan kontribusi dalam membangun desa.

"Jadi saya benar-benar mendorong pemerintahan desa sebagai kekuatan kita, tapi jangan lupa sekarang ini teknologi membuat kita semua yang di desa mengalami pertumbuhan," kata Andika dalam kuliah umum bertema 'Ketahanan Nasional Berbasis Desa' di IPB University 

Andika juga menyebut, Indonesia harus bersyukur karena memiliki sumber daya alam yang melimpah. Namun hal yang tidak kalah penting dari itu adalah dengan memperkuat sumber daya manusia agar bisa mengelolanya.

"Ketahanan nasional harus dibangun oleh setiap warga negara Indonesia karena masing-masing punya potensi. Contohnya India bisa maju, karena potensi masing-masing warganya, tidak tergantung hanya pada satu dua orang saja," yakin Andika

Andika menekankan, pentingnya pemahaman terhadap potensi masing-masing desa. Menurut dia, potensi tersebut harus diolah menjadi kekuatan nasional.

"Kita harus tau potensi kita di desa. Begitu juga kalau kita tarik ke atas pemerintah kabupaten, pemerintah provinsi, pemerintah nasional. Kita harus tau kekuatan kita" tutur Andika.

“Kita harus tau potensi kita di desa. Begitu juga kalau kita tarik ke atas pemerintah kabupaten, pemerintah provinsi, pemerintah nasional. Kita harus tau kekuatan kita" ujar Andika memungkasi.