Ali Ngabalin Kobarkan Semangat Mahasiswa di Kendari untuk Jadi Generasi Hebat

FAZ • Sunday, 8 Oct 2023 - 01:52 WIB

Jakarta - Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin memberikan motivasi dan pengarahan kepada anak-anak muda agar berani mengeluarkan seluruh talenta terbaiknya untuk menjadi generasi hebat demi membangun daerah hingga nasional.

Hal itu ia sampaikan di hadapan mahasiswa saat mengisi kuliah tamu dengan tema "Strategi Komunikasi Efektif untuk Kesuksesan Pribadi dan Pembangunan Nasional" di Aula lantai 3 Universitas Mandala Waluya, Kendari, Sulawesi Tenggara, Sabtu (7/10/2023).

"Kuatkan dirimu dan mantapkan dirimu, dan tidak boleh talentamu terbuang. Siapkan diri dengan baik karena Sulawesi Tenggara, Kendari akan membutuhkan generasi-generasi hebat seperti ananda semuanya," ujar Ali Ngabalin.

"Kau harus siapkan itu dengan baik, saya percaya itu karena pandangan matamu mengisyaratkan anak-anak yang siap lebih baik. Saya bangga kalau ada dari universitas ini dan saya percaya universitas ini didirikan untuk kemajuan," lanjutnya.

Untuk mencapai hal itu, lanjutnya, semangat belajar harus terus ditingkatkan, menguasai berbagai bahasa, disiplin membaca buku berbagai ilmu, lalu menulis.

"Karena itu saya selalu mengatakan, jadikan ilmu untuk menjadikanmu raja. Ilmu bisa mendatangkan harta, harta belum tentu bisa mendatangkan ilmu," ucapnya.

Ia pun menjelaskan bahwa kuatnya suatu bangsa karena kualitas sumber daya manusia (SDM) yang baik. Akan sia-sia sumber daya alam (SDA) yang melimpah jika kualitas SDM-nya rendah.

"Di dunia ini tidak ada suatu negara yang peradabannya hanya berasal dari sumber daya alam. Peradaban sebuah bangsa karena kemampuan human resource, sumber daya manusia," jelasnya.