APPTI Siap Berkolaborasi Menghadapi Persaingan Penerbitan di Era Digital

ANP • Friday, 22 Sep 2023 - 20:50 WIB

YOGYA - Munas ke-4 Afiliasi Penerbit Perguruan Tinggi Indonesia (APPTI) diselenggarakan di LPP Garden-Yogyakarta, 20-23 September 2023, mengusung tema: Peran APPTI dalam Mewujudkan Penerbit Perguruan Tinggi yang Cakap Digital dan Berkontribusi bagi Perkembangan Dunia Perbukuan di Indonesia. APPTI memiliki kedudukan yang penting dan strategis dalam membangun jaringan penerbitan kampus. 

Wakil Ketua Dewan Pembina BRIN, Prof. Dr. Marsudi Wahyu Kisworo yang hadir dalam kesempatan ini memaparkan tentang Peran dan Kebijakan BRIN bagi perkembangan APPTI. Dalam iklim persaingan saat ini, APPTI dapat menjadi kekuatan penekan (pressure group) untuk melindungi kepentingan anggotanya. 

"APPTI berfungsi antara lain membangun jaringan dan kerjasama antar penerbit perguruan tinggi, mendorong dan memberdayakan para anggotanya, mencari peluang bersama untuk memajukan anggotanya, memperjuangkan kepentingan bersama seperti penghargaan terhadap hak cipta (copy right). Peningkatan kualitas tenaga terampil dalam bidang penerbitan buku menghasilkan produk bersama dan membangun aktivitas pemasaran bersama," ujar Marsudi.

Selanjutnya Kepala Pusat Perbukuan Kemendikbudristek, Supriyatno, M.A. menekankan kebijakan pemerintah terhadap tata kelola perbukuan bagi penerbit perguruan tinggi. Menurutnya penerbit dan percetakan Perguruan Tinggi (University Press) merupakan front liner setiap universitas/perguruan tinggi. 

"Kualitas dan kuantitas penerbitan dan percetakan buku dan jurnal dapat menjadi ukuran bermutu tidaknya sebuah perguruan tinggi. Karena itu, setiap perguruan tinggi diharapkan memiliki lembaga penerbitan yang akan menjadi icon dan tanda kemajuan universitas tersebut," jelas Supriyatno.

Agenda penting lainnya yaitu seminar tentang pemanfaatan AI dalam penulisan buku yang disampaikan oleh  serta workshop digital publishing yang disampaikan oleh Risang Baskara M.Hum,Ph.D. "Saya ingin mengajak untuk memanfaatkan AI dalam penulisan buku di perguruan tinggi. Hal ini harus disikapi dengan positif agar pendidikan tinggi kita semakin baik dan maju sesuai perkembangan zaman saat ini," ungkap Risang.

Dalam Munas APPTI 2023 kali ini juga menetapkan Dr. Purnomo Ananto, M.M. dari Polimedia Kreatif sebagai Ketua Umum terpilih APPTI pusat 2023-2027. Diharapkan dengan terpilihnya ketua baru akan meningkatkan kualitas tenaga terampil dalam bidang penerbitan buku menghasilkan produk bersama dan membangun aktivitas pemasaran bersama.