Bank Indonesia Jawa Timur Dorong Pengembangan Industri Kopi

LAN • Monday, 10 Jul 2023 - 09:48 WIB

Surabaya - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Timur mendorong agar komoditas kopi dapat berkontribusi besar dalam perekonomian Indonesia, termasuk Jatim. 

Untuk itu, KPBI Jatim menggelar temu bisnis (business matching) antara petani dan pelaku bisnis kopi di salah satu hotel di Surabaya.

Kepala KPBI Jatim, Doddy Zulverdi mengatakan, pihaknya ingin terus mengembangkan komoditas kopi. Baik dari sisi hulu maupun hilirnya. 

Dari sisi hulu, pihaknya mendorong agar kualitas kopi dari petani terus meningkat. Sementara dari sisi hilir atau pasca panen pihaknya ingin agar kopi dari petani tersebut terserap dalam industri. 

“Jadi ada yang membeli produk dari petani ini,” katanya.

Untuk memastikan komoditas kopi dari petani ini bermutu, kata dia, pihaknya juga sudah melakukan pengecekan kualitas dan juga kurasi. Hal ini penting untuk meyakinkan pembeli. 

“Ini (business matching) menjadi bagian upaya untuk mengembangkan sektor yang memiliki potensi tinggi di Indonesia,” tandas Doddy.

Menurutnya, memiliki potensi penjualan yang tinggi. Bahkan saat berada di masa pandemi, kopi masih dicari oleh banyak orang, sehingga permintaan terhadap kopi naik. 

“Sekarang banyak kedai kopi bermunculan. Baik modern maupun tradisional. Di kota-kota besar maupun di kampung-kampung,” terangnya.