Kloter Terakhir Tiba di Jeddah, Pemberangkatan Jemaah Haji Indonesia Resmi Ditutup

MUS • Saturday, 24 Jun 2023 - 15:59 WIB

Jeddah - Fase kedatangan jemaah haji Indonesia gelombang dua ke Tanah Suci resmi ditutup, seiring kedatangan jemaah terakhir dari kuota tambahan yang tergabung dalam kloter 34 embarkasi Batam (BTH-34).

Kloter terakhir jemaah haji Indonesia mendarat di Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah, Sabtu (24/6/2023) sekitar pukul 03.46 Waktu Arab Saudi (WAS). 

Kedatangan 165 jemaah Kloter BTH-34 ini disambut oleh Konsul Jenderal Republik Indonesia (Konjen RI) di Jeddah, Eko Hartono didampingi Kepala Daker Bandara PPIH Arab Saudi, Haryanto.

"Kami menyambut jemaah kloter terakhir dari Batam sebanyak 165 jemaah. Alhamdulillah tiba dengan selamat," kata Eko Hartono di Bandara Jeddah.

BACA JUGA: Senang Lihat Tempat Tidur KKHI Kosong, Alissa Wahid: Artinya Jemaah Kita Sehat

BACA JUGA: Petugas Haji di Mata Mbah Barodin: Canggih!

Setelah istirahat di plaza B3 terminal haji bandara Jeddah, para jemaah melanjutkan perjalanan ke Makkah menggunakan bus, untuk melaksanakan umrah wajib sekaligus persiapan wukuf di padang Arafah.

Eko mengingatkan jemaah untuk menjaga stamina dan kesehatan, dengan mengurangi aktivitas yang tidak perlu dan menghindari paparan sinar matahari langsung. 

"Silakan melakukan ibadah sunah tapi jangan berlebihan," ujarnya.

Hingga closing date, total ada 558 kloter dengan jumlah 209.782 jemaah haji reguler yang telah tiba di Tanah Suci. Dengan rincian 276 kloter terdiri dari 103.809 jemaah mendarat di Bandara Madinah, sementara 282 kloter dengan 105.973 jemaah mendarat di Bandara Madinah.