Himpunan Alumni Sekolah Bisnis IPB Lakukan Pelatihan dan Pemberdayaan Desa Berbasis Digital

ANP • Friday, 23 Jun 2023 - 20:57 WIB

JAKARTA - Himpunan Alumni Sekolah Bisnis Institut Pertanian Bogor (HA SB IPB) melakukan pemberdayaan desa berbasis digital bertajuk ‘Smart Village 4.0’ di wilayah kawasan Desa Bojong Koneng, Sentul, Bogor, jawa Barat. Kegiatan tersebut merupakan upaya HA SB IPB mengembangkan potensi masyarakat desa agar mampu membangun desa yang berkelanjutan, berdaya saing sesuai dengan kearifan lokal yang ada.

Optimalisasi pemberdayaan desa berbasis digital 4.0 dibarengi juga dengan pemberian   Youth Leadership Development Program (YLDP). Program pelatihan kepemimpinan yang dilakukan untuk memberdayakan masyarakat menjadi pemimpin-pemimpin lokal yang berperan sebagai motor penggerak dan agen perubahan bagi lingkungannya. 

Ketua HA SB IPB Irvandi Gustari menerangkan bekal ilmu kepemimpinan yang diberikan oleh HA SB IPB diharapkan mampu  meningkatkan taraf hidup masyarakat desa di wilayah Sentul. Pelatihan-pelatihan kepemimpinan dan kewirausahaan yang diberikan diharapkan dapat diaplikasikan dalam keseharian masyarakat baik untuk bekerja maupun berusaha. 

“Kita menyiapkan mereka bekal ilmu leadership dalam melakukan setiap kegiatan apapun baik itu belajar maupun berusaha di bidang UMKM. kita bekali dengan berbagai macam ilmu-ilmu untuk menjalin relasi, memelihara relasi sehingga diharapkan bisa menghasilkan sesuatu yang positif,” jelas Irvandi ketika ditemui di Desa Bojong Koneng, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Jumat (23/6). 

Dalam memberikan pelatihan ini HA SB IPB juga berkolaborasi dengan berbagai pihak antara lain Hadityawarman Foundation, Matahati Consulting, Sentul City hingga Baznas terkait permodalan untuk masyarakat desa yang ingin membangun usaha. Kegiatan YLDP ini berlangsung selama 3 hari mulai Jumat (23/6) hingga Minggu (24/6). 

“Kita harapkan bisa menghasilkan sesuatu yang positif di kehidupan para peserta sehingga akan menjadikan sesuatu yang produktif. kita bekali di situ.  Program yang berlangsung 3 hari ini merupakan program yang berkesinambungan yang dilakukan dengan mengajak beberapa pihak dengan pesrta mencapai 50 orang,” tambah Irvandi. 

Dalam kesempatan yang sama, Founder Hadityawarman Foundation Adirya Warman menjelaskan program Smart Village 4.0 merupakan program pemberdayaan desa dengan menerapkan pendekatan terpadu termasuk pembangunan masyarakatnya, pemanfaatan sumber daya alam setempat serta penerapan teknologi digital, tanpa meninggalkan kearifan lokal. Aditya berharap program Smart Village 4.0 yang diinisasi oleh HA SB IPB mampu membawa masyakat pedesaan melompat lebih jauh. 

“Kami ingin mengajak masyarakat Sentul untuk melompat lebih jauh bersama-bersama,” terangnya. 

Dalam memberikan pelatihan kepada masyarakat Sentul peserta YLDP, Aditya menekankan pentingnya penguasaan tool set sebagai metode peningkatan skill atau kemampuan masyarakat dalam bekerja maupun berusaha. Selain tool set Aditya juga memperkenalkan 2 metode peningkatan kemampuan lain yakni skill set dan mindset. Ketiga metode tersebut saling berkesinambungan satu sama lain untuk menciptakan sudut pandang baru yang positif. 

“Masalah utama saat ini ialah banyak orang yang gagal memiliki mindset tapi mereka tidak bisa langsung dibekali pelatihan tentang mindset. Untuk bisa menciptakan mindset perlu perpaduan tool set dan skill set,” jelasnya. 

Aditya berharap, Smart Village 4.0 bisa berjalan lancar dan menebar kebermanfaatan bagi masyarakat sekitar. Secara spesifik lagi, melalui pendekatan inovatif dan penerapan teknologi digital, diharapkan program ini dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat desa, meningkatkan kualitas hidup mereka, serta membuka peluang baru dalam pertumbuhan ekonomi lokal.

"Dengan dukungan dan partisipasi semua pihak yang terlibat, harapannya Smart Village 4.0 dapat menjadi landasan yang kokoh dalam mewujudkan desa-desa yang berdaya, berkelanjutan, dan inovatif. Bersama-sama, mari kita wujudkan masa depan yang lebih baik bagi desa-desa kita dan menciptakan dampak positif yang berkelanjutan,” sambungnya.