Permudah Layanan Peserta, BPJS Ketenagakerjaan Jalin Kerja Sama dengan Pegadaian

MUS • Wednesday, 8 Feb 2023 - 18:34 WIB

Jakarta - BPJS Ketenagakerjaan menggandeng Pegadaian untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin mendaftar sebagai peserta baru, maupun membayar iuran jaminan sosial ketenagakerjaan melalui outlet Pegadaian di seluruh Indonesia. 

Peresmian kerja sama ini ditandai dengan penyerahan Kartu BPJS Ketenagakerjaan secara simbolis oleh Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, Zainudin dan Direktur Jaringan Operasi dan Penjualan PT Pegadaian Eka Pebriansyah kepada peserta yang melakukan pendaftaran melalui Pegadaian di Jakarta, Rabu (8/2/2023).

Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, Zainudin, mengatakan layanan yang dapat dibayarkan di Pegadaian diantaranya Jaminan Hari Tua, Jaminan Kecelakaan Kerja, dan Jaminan Pensiun, yang mengincar pekerja informal dan usaha kecil menengah dan mikro di pasar-pasar. 

“Kita harus pilih ini untuk menjangkau lebih banyak temen-teman pekerja, baik itu pekerja informal maupun UKM," kata Zainudin.

Tak hanya untuk pendaftaran dan pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan, kerja sama ini juga menghadirkan layanan pembelian emas melalui Pegadaian. 

"Emas ini juga menjadi instrumen investasi ya. BPJS Ketenagakerjaan memiliki banyak peserta yang bisa menjadi pasar untuk Pegadaian. Siapa tahu ada uang lebih untuk investasi emas," tambahnya. 

Direktur Jaringan Operasi dan Penjualan PT Pegadaian Eka Pebriansyah menambahkan, sebagai bagian dari sinergi kedua pihak, Pegadaian menawarkan program bundling menarik bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan yang membeli emas. 

“Makanya dalam Perjanjian Kerja Sama ini salah satunya kita ada program bundling. Kalau masyarakat atau nasabah membeli emas dari mulai yang paling kecil 1 gram saja, nanti kita ada bundlingnya free iuran BPJS," sebut Eka. 

Bagi masyarakat yang ingin mendaftarkan BPJS Ketenagakerjaan bisa langsung datang ke outlet pegadaian konvensional maupun syariah, dan memilih layanan serta periode program yang diinginkan.