PLN UID Jatim Salurkan Bantuan Logistik dan Layanan Kesehatan Bagi Pengungsi Semeru

MUS • Tuesday, 6 Dec 2022 - 09:24 WIB

PLN UID Jatim Salurkan Bantuan Logistik dan Layanan Kesehatan Bagi Pengungsi Semeru

Surabaya - General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur, Lasiran menyalurkan bantuan kepada Bupati Lumajang Thoriqul Haq untuk warga yang terdampak erupsi Gunung Semeru. Lasiran berharap bantuan dalam bentuk logistik dan layanan kesehatan diharapakan mampu meringankan duka yang dirasakan warga. 

Mengapresiasi bantuan yang diberikan PLN, Thoriqul Haq berterima kasih atas gerak cepat PLN memulihkan pasokan listrik di wilayahnya. 

“Terima kasih atas gerak cepat PLN memulihkan jaringan listrik serta bantuan-bantuan yang terus menerus disalurkan nanti akan terpusat disalurkan melalui BPBD Kabupaten Lumajang," ucapnya. 

Dalam kesempatan tersebut, melalui program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL), PLN menyalurkan bantuan senilai 100 juta rupiah dimana secara simbolis diserahkan dalam bentuk 50 dus mie instan, 50 karung beras 5 kg, dan 25 dus makanan ringan. Selain itu, TJSL pun akan memberikan bantuan tambahan lainnya berupa posko kelistrikan, food truck, dan kamar mandi portable di sekitar lokasi pengungsian.

Bersamaan dengan kunjungan kerja Gubernur Jawa tidur menyerahkan bantuan kepada pengungsi di Kecamatan Candipuro Lumajang, Lasiran melaporkan bahwa kondisi kelistrikan terkini sudah pulih kembali.

Tercatat hingga Senin (5/12) pukul 12.48 WIB, PLN telah berhasil memulihkan 119 gardu distribusi dari 121 gardu yang terdampak. Sementara pasokan listrik untuk 29.945 pelanggan sudah kembali normal.

 “Selama kurun waktu tanggal 4 – 5 Desember, kami telah menerjunkan 50 personel untuk bergerak cepat memulihkan pasokan listrik ke pelanggan di wilayah yang terdampak. Alhamdulillah seluruh pelanggan yang terdampak pasokan listriknya kembali normal, sisa 2 gardu distribusi yang berada di zona tidak aman namun warganya sudah berada di pengungsian,” terang Lasiran.

Ia menambahkan tidak ada kerusakan berarti dari sisi jaringan kelistrikan PLN. Untuk pergantian tiang roboh, personel PLN masih menunggu izin dari BPBD setempat setelah situasi dinyatakan kondusif.

“Kami memastikan pasokan listrik ke seluruh rumah pelanggan, 14 posko-posko pengungsian di Candipuro dan Pronojiwo, serta fasilitas kelistrikan di huntara dan huntap aman. Namun yang paling penting adalah keselamatan warga yang paling utama,” kata Lasiran.

PLN akan terus berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Lumajang dan BPBD Kabupaten Lumajang untuk memenuhi kebutuhan pengungsi di lokasi pengungsian.

“Kami akan terus menampung kebutuhan warga dengan berkoordinasi bersama stakeholder setempat khususnya mengenai fasilitas kelistrikan. Semoga segera pulih seperti sedia kala,” pungkas Lasiran.

Dalam kesempatan tersebut,  Khofifah mengapresiasi langkah cepat PLN UID Jatim yanv telah memulihkan jaringan listrik di wilayah terdampak. 

Menurut Gubernur Jatim, langkah PLN tersebut sangat membantu karena berbagai kegiatan penanganan pengungsian tetap membutuhkan tenaga listrik  untuk memaksimalkan pelayanan, khususnya layanan kesehatan 

"Terima kasih PLN UID Jatim yang telah memulihkan kondisi jaringan.  Saya apresiasi dengaan gerak cepatnya untuk mendukung berbagai layanan kedaruratan di area bencana," pungkas Khofifah. (Her)