Dubes Heri Akhmadi Persiapkan Pelaku Usaha Ehime Jepang untuk Misi Ekonomi ke Indonesia

MUS • Tuesday, 1 Nov 2022 - 19:09 WIB

Pemerintah Prefektur Ehime Jepang akan mengirimkan delegasi bisnisnya dalam Misi Ekonomi Ehime ke Indonesia pada Januari 2023 untuk membahas kerja sama pada sejumlah bidang seperti dekarbonisasi dan pengembangan sumber daya manusia. Hal itu terungkap dalam temu bisnis dan presentasi Indonesia`s Economy Outlook kepada kalangan bisnis dan Pemerintah Ehime pada Sabtu, 29 Oktober 2022.

“Berbagai Lembaga finansial dunia seperti IMF dan Bank Dunia telah proyeksikan ekonomi Indonesia tumbuh 5 - 5.3%. Angka ini tentunya di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi global. Pemerintah Indonesia pastikan target tersebut tercapai dengan berbagai upaya reformasi struktural ekonomi yang berfokus pada perbaikan iklim investasi melalui hadirnya UU Omnibus Law, pembangunan infrastruktur dan pengembangan hilirisasi industri dan substitusi impor.” ujar Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi dalam briefing kepada para pelaku usaha Ehime, Jepang, yang juga dihadiri oleh Walikota Niihama, Katsuyuki Ishikawa.

Salah satu daerah yang akan menjadi daerah tujuan Misi Ekonomi Ehime ke Indonesia adalah Gorontalo. Dalam kaitan itu, memanfaatkan pertemuan dengan Gubernur Ehime Tokihiro Nakamura di sela-sela kunjungan ke Ehime, Dubes Heri Akhmadi bersama Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel mengusulkan 2 (dua) fokus kerja sama yang dapat didorong.

“Daerah Gorontalo sebagian besarnya adalah kawasan hutan dengan kekayaan biomassa yang berlimpah. Untuk itu, saya usulkan fokus kerja sama yang dapat dikembangkan di antaranya kerja sama dekarbonisasi. Dalam komitmen penurunan emisi karbon, Gorontalo telah mengembangkan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap. Tentunya dapat lebih dimanfaatkan dengan menggunakan teknologi dari Jepang,” ungkap Dubes Heri.

Lebih lanjut, Dubes Heri usulkan pula kerja sama peningkatan kapasitas SDM, khususnya terkait peningkatan keterampilan petugas layanan publik Indonesia. “Indonesia juga siap memenuhi kebutuhan tenaga kerja terampil yang dibutuhkan Pemerintah Ehime,” tambahnya. 

Festival Sepeda di Shimanami

Dubes Heri Akhmadi dalam kunjungan kerja ke Prefektur Ehime juga berkesempatan mengikuti Setouchi Shimanami Kaido International Cycling Event, Cycling Shimanami 2022 pada Minggu, 30 Oktober 2022. Bersama 26 pesepeda wakil dari Indonesia dan lebih dari 7.000 pesepeda dari seluruh berbagai penjuru dunia, Dubes Heri dan Tim Indonesia menyelesaikan rute H dengan total 36 kilometer. 

Cycling Shimanami 2022 adalah satu-satunya acara bersepeda di Jepang yang diselenggarakan di jalan tol (expressway). Selain Dubes Heri, hadir juga Duta Besar asing untuk Jepang dari Belgia, Meksiko, Uzbekistan, dan Panama.

Sebelumnya, Dubes Heri hadir pada resepsi Penyambutan Cycling Shimanami 2022 yang dihadiri pula oleh Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel, Menteri Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi, dan Pariwisata Jepang Tetsuo Saito, Gubernur Ehime Tokihiro Nakamura, dan sejumlah pejabat Jepang lainnya.