Hal yang Perlu Kamu Perhatikan Dalam Menyiapkan Bisnis Plan

ANP • Wednesday, 17 Aug 2022 - 19:41 WIB

JAKARTA - Setiap orang yang ingin menjalankan bisnis, tentu dimulai dari sebuah ide. Yaitu sebuah rencana mengenai usaha yang ingin anda jalankan, misalnya produk dan strateginya.

Dari konsep tersebut, anda harus bisa membuatnya menjadi lebih konkret dengan cara menyusun sebuah konsep bisnis, atau yang lebih kita kenal dengan istilah business plan. Hal ini bertujuan untuk memproyeksikan dengan lebih nyata seperti apa usaha yang ingin anda lakukan kedepannya.

Perlu diperhatikan bahwa, meskipun business plan ini baru merupakan sebuah rencana, konsepnya harus anda bikin sematang mungkin dan serius. Selain ini akan menjadi pedoman bisnis anda, dengan rencana bisnis yang matang dan baik, usaha anda akan nyaman bagi para investor ketika anda mengajukan suntikan modal nantinya.

Nah, untuk membantu anda menyusun business plan dengan lebih terstruktur, berikut hal-hal yang perlu anda masukkan dalam konsep bisnis:

* Abstrak yang berisi ringkasan atau penjelasan singkat mengenai rencana bisnis anda.

* Profil perusahaan anda. Berisi info lengkap mengenai perusahaan yang dibangun. Mulai dari lokasi, pemilik, kontak, legal hingga brand value yang menjual dari bisnis produk kuliner ingin anda jual.

* Hasil analisis mengenai segmentasi pasar. Tuliskan hasil pengamatan anda mengenai segmentasi pasar yang ditargetkan, analisis pesaing hingga cara marketing. Jelaskan secara detail mengenai potensi pasar di lokasi yang nantinya anda pilih. Selain itu anda harus bisa memberikan strategi untuk menghadapi kompetitor.

* Beri gambaran menu yang akan anda jual nantinya. Berikan deskripsi serta harga jual untuk setiap menu. Jika anda belum memproduksi menunya, bisa menggunakan ilustrasi yang sesuai.

* Rencana struktur pegawai, posisi dan tugas yang dibutuhkan untuk usaha kuliner anda. Jelaskan susunan pegawainya dan staf apa saja yang dibutuhkan oleh usaha kuliner anda.

* Desain tempat. Anda perlu memberikan desain rencana tempat usaha untuk memberikan gambaran. Tidak hanya desain bangunan warung atau resto dan interiornya, namun juga dengan peralatan pendukung operasional lainnya.

* Sampaikan rencana pemilihan lokasi (kalau bisa beberapa opsi), deskripsikan dan berikan alasan mengapa lokasi tersebut dipilih. Apakah letaknya strategis untuk bisnis kuliner dan sebagainya.

* Paparkan rencana dan strategi promosi untuk memperkenalkan usaha kuliner anda. Baik itu promosi offline maupun menggunakan media online.

* Ketentuan kerja sama dengan pihak ketiga. Pada bagian ini berisi keterangan lengkap mengenai semua pihak yang bekerja sama dalam pembentukan bisnis. Misalnya arsitek, kontraktor, supplier bahan dll.

* Terakhir adalah rancangan keuangan. Bagian terakhir ini adalah yang paling penting. Pada bagian ini, paparkan berapa modal yang dibutuhkan untuk usaha anda, harga produk, hingga margin keuntungan yang dibutuhkan.

Setidaknya itulah 10 hal dasar yang wajib tercantum dalam business plan anda. Selanjutnya anda bisa memasukkan hal-hal lain yang dirasa perlu untuk mendukung rencana bisnis anda.

Namun terkadang bagi para pemula, cenderung bingung untuk membuat sebuah rencana bisnis. Modal sudah dipersiapkan, niat ingin berbisnis pun sudah dipersiapkan, namun bingung mengaplikasikannya.

Untuk itu, ada wadah layanan bisnis bernama bukacabang.id yang bisa mengakomodir para pelaku bisnis pemula agar bisa mewujudkan usahanya. Di bukacabang.id anda tidak perlu khawatir untuk membuka usaha atau berinvestasi karena menjadi wadah bagi brand dan investor untuk saling bekerja sama.

Bukacabang.id juga menyediakan rekomendasi usaha beserta rancangan business plan sehingga anda memiliki proyeksi tentang bisnis yang akan anda jalani. Tentunya bukacabang.id juga akan membersamai para mitra dalam menjalankan usahanya.

Jadi bagi anda yang baru saja terjun di dunia bisnis dan masih bingung untuk memanage sebuah usaha, bukacabang.id bisa menjadi solusi. Platform tersebut menyediakan dukungan penuh mulai dari produksi outlet, branding, hingga promosi (offline/online) dan layanan kebutuhan bisnis lainnya.

Bukacabang.id memiliki tim manajemen yang berpengalaman dalam mengurusi investasi bisnis dan juga telah bertahun-tahun bergerak dalam bidang franchise, terbukti dengan suksesnya beberapa brand yang berhasil membuka beberapa unit cabang. Selain itu, Bukacabang.id juga bekerja saman dengan NS franchise consultant milik Nilamsari yang terbukti berpengalaman dalam dunia waralaba.

Seperti yang diketahui, Nilamsari Sahadewa merupakan seorang pengusaha sekaligus founder dan Direktur Bisnis Development PT. Sari Kreasi Boga, Tbk. Siapa yang tidak mengenal sosoknya, yang sukses sebagai pemilik usaha franchise populer yaitu Kebab Turki Baba Rafi, dengan berhasil membawa brand tersebut go internasional.

Sekian artikel yang menyiapkan bisnis plan ini, semoga bisa membantu dalam menyiapkan rancangan bisnis yang ingin anda jalankan. (ANP)