BI DIY Luncurkan Aplikasi Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme

MUS • Tuesday, 17 Nov 2020 - 19:18 WIB

Yogyakarta - Kantor Perwakilan Bank Indonesia DIY meluncurkan 2 aplikasi Sistem Pembayaran, yaitu Aplikasi S.I.A.P (Sistem Informasi Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme) untuk Instrumen Sistem Pembayaran dan Aplikasi SIPUL OPUK (Sistem Informasi Penarikan Yang Lusuh dan Optimalisasi Pengedaran Uang Koin) di Yogyakarta ( 17/11 ).

"Digitalisasi dalam Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah di Daerah Istimewa Yogyakarta, merupakan bukti nyata BI DIY selalu mengembangkan dan mengoptimalkan kebijakan Bank Indonesia dengan mengikuti perkembangan zaman, untuk mendorong efisiensi transaksi, mempercepat inklusi digital, memajukan teknologi yang pada akhirnya dapat mendorong pertumbuhan perekonomian DIY pada umumnya," ujar Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DIY, Hilman Tisnawan.

Aplikasi S.I.A.P merupakan aplikasi yang dikhususkan kepada money changer di Yogyakarta untuk meningkatkan kualitas risk based supervision dan compliance penyelenggaraan transaksi penukaran rupiah terhadap valas atau sebaliknya.

Aplikasi S.I.A.P tidak hanya mampu menyimpan data nasabah, namun juga merekam seluruh transaksi yang dilakukan oleh nasabah secara real-time, serta memudahkan Bank Indonesia untuk memperoleh Big Data berdasarkan profil dan transaksi nasabah. Tidak hanya untuk mendeteksi pencegahan tindak pidana pencucian uang dan pendanaan terorisme dengan lebih mudah, namun juga membantu Bank Indonesia dalam menyusun kebijakan pelaporan dan profil pengawasan money changer berbasis risiko.

Hilman menjelaskan, aplikasi SIPUL-OPUK merupakan aplikasi yang memberikan kemudahan layanan penukaran uang lusuh dan optimalisasi koin kepada masyarakat yang bekerjasama dengan retail/swalayan dan BPR. Melalui aplikasi SIPUL-OPUK diharapkan proses penarikan uang kertas lusuh dan optimalisasi pengedaran uang koin akan berjalan lebih efektif, sehingga ketersediaan uang kertas layak edar di masyarakat akan terjaga dengan baik. (Ron)