Kementan Dorong Petani Muda Sebagai Garda Terdepan Pembangunan Pertanian

FAZ • Saturday, 4 May 2024 - 00:09 WIB

JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) mendorong dan memfasilitasi bertumbuhnya usaha tani (agripreneur) yang di jalankan oleh generasi muda. Demikian disampaikan oleh Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementan, Kuntoro Boga Andri saat menerima kunjungan para Duta Petani Muda perwakilan seluruh Propinsi di Indonesia, yang merupakan kegiatan tahunan dari Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) di Gedung Pusat Informasi Agribisnis (PIA) Kementan, Jumat, 3 Mei 2024.

Menurut Kuntoro, pemerintah berkomitmen dalam mengawal regenerasi petani melalui upaya menjadikan pertanian sebagai dunia usaha atau bisnis  yang strategis dan menguntungkan.

"Kita optimis bukan hanya dari aspek budidaya di hulu, tapi sampai hilir,  mereka (duta petani muda) juga sangat menguasai inovasi pascapanen sampai pemasaran. Mereka luar biasa menguasai aspek bisnis pertanian secara utuh dan petani-petani muda seperti ini yang kita harapkan ke depan," ujar Kuntoro.

Kuntoro menegaskan program-program yang ada di Kementerian Pertanian melalui kegiatan penyiapan regenerasi petani sudah banyak menyentuh  anak muda Indonesia dan harus di masifkan terus. Petani yang hadir hari ini menurutnya mewakili berbagai peluang bisnis dan komoditas yang ada di sektor pertanian.

"Program dari Kementan untuk regenerasi petani ini bukan hanya berjalan di level pendidikan dan pelatihan tetapi juga langsung kepada penerima manfaat program pertanian pemerintah di berbagai daerah. Dan saya melihat mereka (duta petani polbangtan) memiliki pondasi menjadi agripreneur termasuk bagaimana mengembangkan ide-ide bisnis pertanian," jelasnya.

Kuntoro berharap, pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki para duta tani terpilih ini dapat ditularkan kepada generasi muda lainnya sehingga mampu menjadi gerakan bersama dalam mengembangkan usaha tani yang menguntungkan.

"Mudah-mudahan mereka bisa menularkan pengalaman, menularkan ide-ide kepada petani-petani lain di daerahnya dan duta petani dari 36 provinsi ini saya pikir bisa menjadi cikal bakal majunya pertanian modern kita ke depan," jelasnya.

Terakhir, Kuntoro berpesan agar seluruh duta tani muda mengedepankan prinsip kolaborasi dan memperkuat jejaring dalam mengembangkan bisnis pertanian. Menurutnya, saat ini menjadi momentum penting bagi Indonesia untuk menjadikan kembali pertanian  sebagai sektor prioritas dalam pembagunan.

"Kami  berpesan kepada petani muda yang hadir bahwa untuk menjadi sukses itu memang tidak mudah, tetapi para  pemenang adalah yang bisa mengalahkan berbagai hambatan dan rintangan. Sekali lagi bisnis pertanian sangat potensial, sangat prospektif kalian bisa berhasil dengan tetap inovatif, semangat, dan tetap persisten (gigih)  bekerja," tegasnya.