Berdikari Jaga Ketersediaan Ternak dan Daging Sapi untuk Penuhi Permintaan Hari Besar Keagamaan

MUS • Tuesday, 2 Apr 2024 - 15:04 WIB

Jakarta - PT Berdikari anak perusahaan Holding BUMN Pangan ID FOOD datangkan 2.583 ekor sapi bakalan dan sapi siap potong, sebagai upaya persiapan menyambut Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN). Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Keuangan dan SDM Berdikari Kaspiyah, Senin, 1/4/2024, saat meninjau kedatangan sapi di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Menurutnya, sapi-sapi tersebut akan segera didistribusikan ke sejumlah lokasi kandang untuk dilakukan penggemukan atau fattening dengan cara pemberian pakan berkualitas pada ternak dalam jumlah yang mencukupi kebutuhan. Langkah ini untuk mempercepat dan meningkatkan produksi daging sesuai yang diharapkan.

“Sebagian sapi yang masuk kategori sapi bakalan akan digemukan di Farm Cariu dan Farm Jatitujuh selama periode tertentu, atau sekitar 3 sampai dengan 4 bulan,” ujarnya.

Kaspiyah mengatakan, sapi bakalan yang didatangkan berjenis Brahman Cross atau Australian Commercial Cross (ACC), dengan rata-rata berat mencapai 325 kg. Adapun sebagian sapi yang beratnya di atas 500 kg akan dilakukan pemotongan sesuai aturan yang berlaku. 

“Sapi yang bobotnya lebih dari 500 kg akan dipotong sesuai aturan yang berlaku dan didistribusikan agar dapat memenuhi pasokan daging,” terangnya.

Menurut Kaspiyah, kedatangan 2.583 ekor sapi ini adalah bagian dari komitmen Berdikari untuk memastikan ketersediaan daging yang cukup bagi masyarakat selama perayaan HBKN. “Kedatangan sapi-sapi ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan daging yang meningkat selama periode perayaan HBKN baik Idul Fitri maupun Idul Adha mendatang," tuturnya.

Sementara itu, Direktur Pengembangan dan Pengendalian Usaha ID FOOD Dirgayuza Setiawan, saat memantau kedatangan sapi mengatakan, ID FOOD bersama sejumlah stakeholder langsung memantau kedatangan sapi bakalan dan siap potong di pelabuhan. Langkah ini untuk memastikan kondisi sapi tiba dalam keadaan sehat dan tidak ditemukan gejala penyakit apapun. 

“Kami mengerahkan sejumlah tim dan menggandeng berbagai stakeholder untuk mempersiapkan kedatangan sapi-sapi tersebut. Dari mulai memastikan kelancaran proses impor serta pendistribusian dan pemeliharaan sapi setelah kedatangan. Termasuk mempersiapkan pendistribusian dan penyerapan daging sapi pasca pemotongan,” jelasnya.

Ia mengatakan, untuk memastikan masyarakat mendapatkan pasokan daging sapi yang terjangkau dan berkualitas di tengah HBKN ini, ID FOOD melalui Berdikari juga melaksanakan pasar murah di sejumlah titik lokasi.

“Secara umum, selama periode Maret-April ini kita berpartisipasi di 100 pasar murah atau Gerakan Pangan Murah (GPM) di berbagai provinsi di Indonesia dan menyediakan paket sembako terjangkau dengan komoditas yang dijual di antaranya daging sapi dengan potongan bervariasi,” ungkapnya.

“ID FOOD melalui Berdikari berkomitmen untuk terus mendukung ketersediaan pangan yang memadai bagi masyarakat, terutama dalam rangka menyambut Hari Besar Keagamaan Nasional yang dirayakan bersama-sama,” pungkasnya.