Kolaborasi dengan Media, ICDX Konsisten Edukasi Masyarakat soal Perdagangan Berjangka Komoditi

FAZ • Friday, 1 Mar 2024 - 08:09 WIB

JAKARTA - Indonesia Commodity & Derivatives Exchange (ICDX) atau Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia (BKDI) menggelar kegiatan terkait perdagangan berjangka komoditi dan mekanisme perdagangan di Bursa.

Head of Corporate Communications ICDX Group, P Giri Hatmoko mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari upaya ICDX sebagai Self Regulatory Organization (SRO) di bidang perdagangan berjangka komoditi untuk melakukan edukasi dan literasi berkelanjutan.

“Dengan memberikan paparan yang lengkap kepada para jurnalis, harapan kami nantinya para jurnalis dapat memahami tentang industri PBK, sehingga menambah wawasan pada saat media menyampaikan pemberitaan terkait industri ini kepada masyarakat,” ujar Giri dalam sambutannya di Jakarta, Kamis (29/2/2024).

Dalam hal edukasi dan literasi, lanjut Giri, ICDX telah melaksanakan berbagai programnya melalui ICDX Academy bekerja sama dengan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka.

“Komoditi dan pialang berjangka yang resmi. ICDX juga senantiasa bersinergi dengan seluruh pihak dalam melakukan edukasi sebagai upaya peningkatan literasi hingga sertifikasi kepada seluruh pemangku kepentingan,” ungkap Giri.

Terkait keterlibatan media dalam edukasi kepada masyarakat ini, Pengurus Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Gaib Maruto Sigit mengatakan, upaya yang dilakukan ICDX ini tentunya menjadi hal positif bagi para awak media.

“Pada dasarnya, fungsi media massa adalah sebagai sarana memberikan informasi dan edukasi kepada Masyarakat,” ujar Gaib.

Adapun visi ICDX menjadi bursa pasar global yang meningkatkan kesejahteraan nasional, dengan misi menjadi tolok ukur penetapan harga komoditi dunia melalui produk-produk primer Indonesia.

“Upaya ICDX dengan memberikan pembekalan serta pemahaman kepada para jurnalis ini merupakan hal yang sangat berharga untuk para awak media, karena bisa mendapatkan penjelasan secara lengkap dan benar tentang perdagangan berjangka,” pungkas Gaib.

Seperti diketahui, ICDX adalah Bursa yang didukung oleh anggotanya yang terdiri dari pialang dan pedagang yang teregulasi oleh Bappeti.

Anggota ICDX memfasilitasi layanan transaksi nasabah yang mencakup kontrak perdagangan berjangka komoditi ICDX. Perdagangan di ICDX akan diselesaikan, dijamin, dan dikliring oleh Indonesia Clearing House.