BAZNAS Berkolaborasi dengan PT Rekso Nasional Food untuk Permudah Masyarakat Bersedekah

ANP • Wednesday, 31 Jan 2024 - 15:52 WIB

JAKARTA - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dan PT Rekso Nasional Food, pemegang waralaba McDonald’s di Indonesia, mengumumkan kerja sama dalam membantu masyarakat semakin mudah bersedekah untuk membantu sesama. 

Melalui kolaborasi ini, seluruh restoran McDonald’s di Indonesia akan dipasangi poster berisi kode QR khusus untuk berdonasi, salah satunya pada periode 1-20 Februari 2024 yang ditujukan untuk membantu saudara kita di Palestina. McDonald’s Indonesia adalah restoran cepat saji pertama yang menjadi mitra penghimpun sedekah BAZNAS RI untuk membantu kemanusiaan.

Kolaborasi BAZNAS RI dan PT Rekso Nasional Food merupakan salah satu kegiatan di bawah payung program ‘Mekdi untuk Kemanusiaan’, sebuah inisiatif dari McDonald's Indonesia yang bertujuan untuk membantu masyarakat dan komunitas di Indonesia, serta tidak menutup kemungkinan di luar negeri, yang membutuhkan uluran tangan kita semua. 

Kerja sama antara McDonald’s Indonesia dan BAZNAS RI sebagai mitra penghimpun sedekah diumumkan sekaligus saat peluncuran program ‘Mekdi untuk Kemanusiaan’ yang diselenggarakan di McDonald’s Thamrin Jaya, Jakarta, Rabu (31/1/2024). 

Turut hadir Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pengumpulan Rizaludin Kurniawan M.Si, CFRM., Pimpinan BAZNAS RI Bidang Perencanaan, Kajian dan Pengembangan Dr. Zainulbahar Noor, SE, M.Ec., Pimpinan BAZNAS RI Bidang SDM, Keuangan dan Umum Kol. CAJ (Purn.) Drs. Nur Chamdani, serta HR & GS Director PT Rekso Nasional Food, Yulianti Hadena.

Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pengumpulan Rizaludin Kurniawan M.Si, CFRM., mengapresiasi komitmen PT Rekso Nasional Food dalam membantu sesama termasuk warga terdampak di Palestina.

"Kami menyambut baik kolaborasi ini, dan memberikan apresiasi bagi PT Rekso Nasional Food yang secara berkelanjutan membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan," jelas Rizaludin.

Sementara itu, HR & GS Director PT Rekso Nasional Food, Yulianti Hadena mengucapkan terima kasih kepada BAZNAS RI  yang telah memfasilitasi bantuan kemanusiaan ke Palestina. 

Yuli menjelaskan bahwa ‘Mekdi untuk Kemanusiaan’ sejalan dengan filosofi "Niat Baik, Hasil Baik" yang diajarkan pendiri Rekso Group. Program ini didasari oleh prinsip-prinsip kemanusiaan, netralisasi dan kemandirian untuk memberikan bantuan kepada sesama.

"Kepedulian dan komitmen terhadap sesama yang mendasari kami untuk meluncurkan program ‘Mekdi untuk Kemanusiaan’. Ke depannya, program ini akan menjadi payung untuk semua kegiatan yang kami lakukan," ujar Yuli.

Melalui kolaborasi ini, kata Yuli, di semua restoran McDonald’s yang tersebar di Indonesia akan dipasangi poster kode QR. Langkah ini untuk memudahkan masyarakat bersedekah untuk saudara kita yang membutuhkan, termasuk  warga Gaza, Palestina.

"Caranya sangat mudah, cukup scan kode QR pada poster program Mekdi untuk Kemanusiaan yang tersedia di 317 resto Mcdonald's di seluruh Indonesia, untuk ikut berdonasi," ujar Yuli.

"Nantinya, seluruh dana yang terkumpul dari masyarakat dan pelanggan selama periode yang telah ditentukan akan digunakan oleh BAZNAS RI untuk membantu warga Palestina," ungkapnya.

Selain mengumumkan kerja sama dengan BAZNAS, PT Rekso Nasional Food juga kembali menyampaikan komitmen terhadap kemanusiaan yang diwujudkan dengan menyerahkan bantuan kemanusiaan tahap kedua berupa 1.000 selimut untuk warga Palestina yang masih sangat membutuhkan uluran tangan kita dan tengah menghadapi musim dingin. Bantuan kedua ini termasuk di dalamnya hasil penggalangan donasi karyawan PT Rekso Nasional Food yang telah dikumpulkan sejak 23 Desember 2023 hingga 4 Januari 2024. Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh perwakilan PT Rekso Nasional Food kepada Ketua Umum Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI.

Kiai Noor menyampaikan, bantuan kemanusiaan untuk Palestina merupakan tugas mulia. Dengan begitu, kata dia, manfaat zakat semakin bisa dirasakan masyarakat luas.

"Kami berharap program ini dapat memudahkan masyarakat untuk menyalurkan bantuannya bagi saudara-saudara kita di Palestina. Niat baik ini bisa kembali menjadi pengingat bahwa masih banyak saudara kita yang kurang beruntung dan butuh uluran tangan kita," ucapnya.