Cerita Permadani Layani 6 Presiden RI - Seni, Spiritual, dan Peradaban Islam

FAZ • Friday, 19 Jan 2024 - 09:11 WIB

Fungsi permadani atau karpet bukan sekadar penutup lantai atau alas duduk kala bersantai. Permadani rajutan tangan adalah unsur estetika yang menambah nilai kepribadian dalam rumah, bahkan bisa mempengaruhi sisi spiritual. Ini berlaku untuk karpet yang dibuat melalui poses panjang yang dirajut oleh tangan para pengerajin dari beberapa negara, seperti Iran, Pakistan, Khasmir dan Afghanistan.

Malik Mahboob Ahmed, sebagai Maestro Permadani  dan pemilik Alhamd Carpet mengatakan, karpet-karpet handmade dibuat melalui proses doa-doa suci. Bahkan perajut perempuan yang sedang datang bulan tidak diperbolehkan merajut.

“Harus menunggu sampai haid selesai untuk bisa kembali merajut karpet. Sebab proses merajut sama seperti melakukan sebuah ritual yang di dalamnya ada unsur sabar, ikhtiar, dan tawakal,” ucapnya saat ditemui awak media di Karpet Alhamd- Aneka Bubur 786 di kawasan Radio Dalam Jakarta Selatan, Kamis (16/1/2024).

Pada kesempatan yang sama Rais Syuriyah PBNU, KH. Nurul Yaqin menyampaikan permadani juga disebut dalam Alquran dan Hadist sebagai bagian dari ‘properti surga’.

“Permadani mendapat tempat khusus dalam kebudayaan masyarakat Muslim. Apalagi, ayat Alquran menjanjikan surga yang di dalamnya terhampar permadani bagi umat yang bertakwa,” ungkap KH. Nurul Yaqin.

“Mereka bertelekan di atas permadani yang sebelah dalamnya dari sutera. Dan, buah-buahan di kedua syurga itu dapat (dipetik) dari dekat.’‘ (QS: AR Rahman: 54).

Hadir di Indonesia sejak 1990, dengan berbagai cerita menarik dibelakangnya, Alhamd Carpet ternyata sudah melegenda karena telah melayani 6 Presiden Indonesia, bahkan dalam menyambut tamu dunia dalam Konferensi Asia Afrika (KAA) bulan April 2005. Hal ini tak lepas dari unsur seni dalam desain interior ruang yang memberikan sentuhan indah, nyaman dan mewah.

Sebagai produk benilai seni tinggi, Interior & Architecture Consultant : Kaleem Ahmed, S. Ds. M. Ars., juga berbagi tips dalam memanfaatkan permadani sebagai aksesori dalam mendesain dan dekorasi ruang. Ini bisa menjadi inspirasi untuk memberi nuansa ala Timur Tengah dalam menyambut Ramadhan dan Idul Fitri.