Kasus Polio Muncul Lagi, Pemerintah Diminta Gencarkan Vaksinasi

MUS • Wednesday, 10 Jan 2024 - 21:57 WIB

Jakarta - Anggota Komisi IX dari Fraksi PKS Ansory Siregar, menyoroti isu terkait Kejadian Luar Biasa (KLB) kasus lumpuh layu akut akibat virus polio yang muncul di di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, dan Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur.

Anggota Komisi IX ini menyampaikan bahwa kemunculan kembali kasus positif Polio di Indonesia sebagai kasus yang perlu diperhatikan, hal ini dikarenakan Indonesia telah ditetapkan bebas Polio pada 2014 silam.

“Kemunculan kasus positif Polio di Klaten, Jawa Tengah dan Pamekasan, Jawa Timur penting menjadi perhatian kita semua, karena sejak tahun 2014 silam kita sudah ditetapkan sebagai negara bebas Polio” ungkapnya.

Ansory mendesak agar pemerintah cepat merespon dan meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi kemunculan infeksi Polio yang lebih banyak lagi diberbagai daerah.

“Kemunculan kasus positif Polio ini harus segera direspon oleh pemerintah melalui pengerahan Dinas Kesehatan untuk menggencarkan vaksinasi di daerah-daerah, terutama di daerah yang ditetapkan berstatus kejadian luar biasa (KLB) Polio untuk mencegah kasus Polio terjadi di banyak daerah,” ujarnya.

Diakhir, Anggota Komisi IX ini juga mengajak masyarakat untuk melakukan pencegahan bersama sejak dini penularan virus Polio melalui penerapan perilaku hidup bersih sehat serta rutin melakukan imunisasi Polio.

“Penularan virus Polio ini bisa disebabkan dari air yang terkontaminasi tinja yang mengandung virus Polio, ataupun lingkungan yang tidak bersih dan perilaku hidup bersih yang kurang baik, oleh karena itu saya mengajak masyarakat semua untuk menerapkan hidup bersih sehat agar mengurangi resiko penularan virus Polio” tutupnya.