6 Tips untuk Mendapatkan Tidur yang Lebih Berkualitas

ANP • Friday, 1 Dec 2023 - 18:23 WIB

Jakarta  -  Tidur merupakan kebutuhan yang penting bagi semua orang. Mengapa? Alasannya, karena tidur sangat penting untuk sel, organ, dan jaringan tubuh untuk bekerja secara normal. Oleh sebab itulah, Anda perlu menjaga kualitas tidur sebaik mungkin. 

Seperti pada temuan Survei Herbalife Asia Pacific Health Priority 2023, mengungkapkan bahwa responden di Asia Pasifik membagikan bahwa meningkatkan kesehatan secara keseluruhan (51%), menjaga kualitas tidur lebih yang baik (46%), dan meningkatkan kekebalan tubuh (46%) adalah tiga tujuan kesehatan utama yang ingin mereka capai.

Chairman, Herbalife Nutrition Institute David Heber mengatakan mendapatkan pola tidur yang cukup berkualitas sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan tubuh secara keseluruhan. “Tidur merupakan kunci untuk membantu tubuh kita tetap sehat. Namun, pola tidur akan terganggu apabila memiliki tingkat kecemasan yang tinggi, terutama di masa yang tidak pasti. Tidur membantu kita menavigasi waktu stres dengan lebih baik.” kata David Heber.

Menurut National Institute of Health (NIH), tidur mendukung berbagai fungsi penting termasuk metabolisme, kesehatan otak dan dapat berdampak pada kondisi kesehatan tertentu seperti obesitas. Penelitian juga menunjukkan bahwa sepertiga orang Amerika mengalami periode insomnia, dan satu dari 10 mengalami tiga malam tanpa tidur setiap minggu selama berbulan-bulan. 

Dengan kualitas tidur yang penting bagi pikiran dan tubuh kita, berikut adalah beberapa rekomendasi untuk mendapatkan tidur yang lebih baik malam ini:

1. Memperhatikan pola makan

Kecemasan yang tinggi dapat menyebabkan kelelahan, berdampak negatif pada suasana hati kita dan menyebabkan kurang tidur, sehingga sulit untuk membuat pilihan nutrisi yang sehat. Memperhatikan pola makan dapat membantu Anda mengelola tingkat stres dan mengubah cara Anda menanggapi stres. Berhentilah makan dan ngemil setidaknya tiga jam sebelum tidur. Ini memungkinkan pencernaan yang tepat dan membantu Anda menghindari mulas yang dapat membuat Anda tetap terjaga di malam hari.

2. Rutin berolahraga

Olahraga memiliki banyak manfaat kesehatan yang penting – tetapi juga membantu tubuh Anda rileks hingga tertidur. Saat Anda berolahraga, tubuh Anda melepaskan endorfin yang secara alami membuat Anda merasa baik. Bagi sebagian orang, latihan yang lebih lembut dan berintensitas rendah seperti yoga, pilates, atau jalan-jalan santai di taman adalah obat terbaik untuk stres. Yang lain lebih suka latihan intensitas tinggi seperti angkat besi.

3. Persiapkan diri Anda untuk beristirahat

Ikuti aturan detoks digital tanpa komputer atau bermain ponsel setidaknya satu jam sebelum tidur, termasuk menonton TV dan Film.

4. Hilangkan stres dengan teknik relaksasi

Malam hari dan jam tidur juga merupakan waktu yang tepat untuk melakukan beberapa teknik relaksasi. Luangkan waktu untuk membiarkan pikiran dan tubuh Anda rileks – dengan pernapasan dalam, peregangan santai, dan meditasi penuh perhatian.

5. Minum teh chamomile atau lavender

Chamomile mempromosikan relaksasi dan tidur nyenyak. Efek pemicu tidur chamomile ada hubungannya dengan apigenin flavonoid, yang mengikat dan menghambat reseptor tertentu di otak yang menyebabkan kantuk. Sama seperti minyak esensial lavender yang meningkatkan relaksasi dan tidur, minum teh lavender memiliki manfaat menenangkan.

6. Mengatur jadwal

Sementara hidup sering kali dapat mendatangkan malapetaka dengan waktu tidur, lakukan segala upaya untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari. Ini menciptakan ritme tidur yang akan berterima kasih kepada tubuh Anda.

“Nutrisi sehat, olahraga, pilihan gaya hidup yang tepat, dan menjaga kualitas tidur dapat meningkatkan kesehatan yang lebih baik, karena hal ini dapat membantu Anda mengelola kesejahteraan secara keseluruhan dengan lebih baik,” tutup David Heber.