Ini yang Perlu Dilakukan Pemilik Brand untuk Menarik Calon Pembeli!

ITK • Tuesday, 14 Nov 2023 - 15:36 WIB
Google Indonesia

Jakarta - Berdasarkan survey, empat dari lima konsumen di Indonesia mengandalkan informasi pada platform online sebelum akhirnya memutuskan membeli sebuah produk. Setelah melakukan risetnya, para konsumen pun mulai mencari opini tambahan dari rekan maupun kerabat, iklan di surat kabar, hingga mengunjungi outlet untuk memeriksa barang yang diinginkan secara langsung.

Oleh karena itu, penting bagi pemilik usaha memahami platform mana saja yang dijadikan acuan oleh calon pembeli. Beberapa hal ini dapat dilakukan untuk memastikan informasi pada platform online sudah maksimal.

  1. Pastikan informasi pada website dan pemberitaan di media benar dan lengkap

Konsumen kerap mengunakan Google Search untuk mencari pemberitaan terkait produk di media maupun melalui website resmi. Beberapa informasi yang dicari seputar spesifikasi, gambar produk, harga, lokasi toko, pilihan pembayaran maupun cicilan, hingga ulasan konsumen lainnya. Kita sebaiknya memastikan bahwa semua informasi tersebut sudah tersedia secara lengkap, benar, dan update

  1. Membuat konten video yang menarik

Konten video yang menarik akan membuat konsumen penasaran. YouTube sendiri dipandang sebagai layanan video nomor satu di Indonesia yang paling banyak ditonton. Survei konsumen kami menunjukkan satu dari dua calon pembeli mengandalkan ulasan dari pembuat konten sebelum melakukan pembelian. Iklan video juga efektif, dengan 84% penonton di Indonesia setuju bahwa iklan yang mereka lihat di YouTube membuat mereka lebih cenderung mempertimbangkan suatu merek atau produk.

  1. Informasi lokasi pembelian atau toko yang akurat

Setelah mengantongi beberapa informasi yang ditemukan secara online, banyak konsumen masih menginginkan untuk melihat secara langsung produk yang diminati.  Agar memudahkan konsumen mengetahui alternatif toko terdekat yang bisa dikunjungi, pastikan seluruh lokasi toko sudah terdeteksi secara tepat di Google Maps.

  1. Penawaran dan informasi promosi melalui email

Mengirimkan email berisi informasi promosi secara berkala dapat membantu konsumen untuk terus update dengan produk yang diinginkan. Contohnya, sebuah email promo bisa menjadi notifikasi bagi calon pembeli dalam mendapatkan informasi harga terbaru bahkan penawaran promo terbaik sesuai budget yang dimiliki.

Jadi, sudahkah anda menerapkan hal ini pada produk anda? (*ITK)