Pemanah Junior DKI Jakarta Mengukir Prestasi Gemilang

ANP • Sunday, 27 Aug 2023 - 16:36 WIB

Jakarta - Torehan membanggakan dicatat pemanah Safa Zalfa Hasibuan di Kejuaraan Asian Youth World Qrchery yang berlangsung di Philipina. Tidak main-main, satu medali emas dan satu medali perak, pada divisi Recurve Women U 18, sukses dibawa pulang ke Tanah Air oleh sosok berhijab yang kini berusia 16 tahun tersebut. 

Ajang The 2023 Asean Archery Youth Championship, Cebu City, Philipines, 16-19 Agustus 2023, diselenggarakan Southeast Asia Archery Federation. Sedangkan para pesertanya, sebanyak tujuh negara Asia, yaitu Singapura, India, UAE, Indonesia, Taipei, Thailand dan tuan rumah.

Bertepatan dengan hari kemerdekaan RI atau tanggal 17 Agustus 2023, sosok yang dibina klub Pro Archery Club-DKI Jakarta tersebut, menorehkan hasil gemilang. Zalfa- begitu panggilannya- secara mandiri berangkat ke Philipina , tercatat dia menjadi satu-satunya wakil Merah-Putih.

"Alhamdulillah saya bisa mengeluarkan kemampuan maksimal, meskipun keadaan angin yang sangat kencang saat pertandingan.
Ini hasil yang sangat luar biasa. Sebab tidak semua tim atau klub punya kesempatan emas ini dan menjadi juara," katanya.

Sementara itu, M. Rizaldi Mulia Hasibuan pelatih yang mendampingin mengapresiasi keberhasilan Zalfa. Dikatakannya, semoga Zalfa mampu terus memberikan hasil yang terbaik bagi Indonesia, tidak hanya di tingkat Youth.
"Terus berlatih, semangat untuk meningkatkan kemampuan dalam membawa nama harum Indonesia di tingkat Olimpiade. Tentunya ini menjadi suatu kebanggaan bagi kita semua yang telah ikut membina, menyumbangkan atlet dan membawa nama baik Indonesia," katanya.
"Hasil ini juga menjadi motivasi bagi atlet lainnya serta menjadi tolak ukur kita dalam mempersiapkan atlet di ajang mendatang yang akan diikuti," tutupnya.