UKI Dapatkan Bantuan Pemerintah Program Pembelajaran Internasional Tahun 2023

FAZ • Friday, 28 Jul 2023 - 16:05 WIB

Surabaya - Universitas Kristen Indonesia (UKI) menjadi salah satu perguruan tinggi penerima Bantuan Pemerintah Program Pembelajaran Internasional Tahun 2023 dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI.

Direktorat Belmawa telah melakukan evaluasi dan penilaian dengan seleksi proposal dan memutuskan ada 26 perguruan tinggi penerima Bantuan Pemerintah Program Pembelajaran Internasional Tahun 2023, ada 17 Universitas dari jalur ICT dan 9 Universitas dari jalur ASIA International Mobility for Students (AIMS).

Pada tanggal 21- 23 Juli 2023, Kepala UPT Kantor Urusan Internasional (KUI) UKI, Asri Purnamasari, S.Pd., M.Ed. in TESOL dan Kepala Bagian Mobilitas dan Layanan Internasional KUI UKI, Benedicta Stella Fortunae, S.S., mengikuti Bimbingan Teknis pelaksanaan program Bantuan Pemerintah Program Pembelajaran Internasional 2023 di Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya.

Kepala UPT Kantor Urusan Internasional UKI, Asri Purnamasari mengatakan pihaknya terus meningkatkan lulusan terbaik yang berkompeten dan berintegritas.

“Sesuai misi UKI meningkatkan mutu lulusan yang berintegritas dan kompeten di bidangnya serta mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional, UKI berhasil mendapatkan bantuan pemerintah Program Pembelajaran Internasional Tahun 2023, untuk program International Credit Transfer (ICT)," ujarnya.

“UKI telah menerima hibah tersebut mulai tahun 2021 hingga saat ini. Pada program International Credit Transfer 2023, ada 14 mahasiswa UKI dari berbagai Fakultas maupun Program Studi yang akan belajar secara langsung di universitas luar negeri selama 1 semester,” ujar Asri Purnamasari.

Program ICT memfasilitasi mahasiswa dengan perspektif global, dengan tidak hanya menyediakan kesempatan bagi mahasiswa untuk menggunakan bahasa asing sebagai sarana dalam proses belajar, tetapi juga memfasilitasi mereka dengan kesempatan untuk memperoleh pengalaman dalam berinteraksi dengan mahasiswa dan masyarakat dari negara-negara lain.

Beberapa universitas mitra kerja sama UKI antara lain University of Applied Sciences Upper Austria, Wenzao Ursuline University Taiwan, Irkutsk National Research Technical University Rusia, Don Mariano Marcos Memorial State University Filipina  dan Wenzao Ursuline University Taiwan.

Diharapkan untuk kedepannya, supaya Universitas Kristen Indonesia dan seluruh Universitas di Indonesia dapat menjalin lebih banyak kerja sama melalui program International Credit Transfer untuk mengembangkan pendidikan yang semakin berkualitas.