Megawati Resmikan Kebun Raya Mangrove Pertama di Indonesia

LAN • Wednesday, 26 Jul 2023 - 14:46 WIB

Surabaya - Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional ( BRIN ) Megawati Soekarnoputri hari ini meresmikan Kebun Raya Mangrove Surabaya sebagai lokasi wisata dan pusat edukasi. Kebun Raya Mangrove ini adalah yang pertama di Indonesia, berada di Kecamatan Gunung Anyar Surabaya.

Kebun Raya Mangrove tersebut mempunyai koleksi pohon bakau sebanyak 57 jenis, dari berbagai daerah di Indonesia dan menempati lahan seluas 34 hektar. Muhamad Nasir Plt Direktur Riset dan Inovasi BRIN menyampaikan bahwa kebun raya mangrove tersebut adalah yang pertama ada di Indonesia.

"Di Indonesia ada sekitar 46 kebun raya, namun kebun raya mangrove ini adalah yang pertama dan berstatus nasional" ujar Muhamad Amin.

Muhamad Amin berharap bahwa dengan hadirnya kebun raya mangrove ini bisa berkontribusi untuk pengembangan ilmu pengetahuan, serta menjadi wahana penelitian bagi dunia pendidikan tinggi.

"Kita harapkan kebun raya ini bisa bermanfaat dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan juga berkontribusi dalam penyelamatan lingkungan pesisir " ujar Amin.

Dalam peresmian tersebut. Ketua Dewan Pengarah BRIN Megawati Soekarnoputri menyempatkan diri berkeliling di area kebun raya mangrove, didampingi oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Walikota Surabaya Eri Cahyadi serta Kepala BRIN Laksana Tri Handoko