Bahaya Insomnia Bagi Kesuburan dan Kesehatan Tubuh

ANP • Monday, 17 Jul 2023 - 19:42 WIB

JAKARTA - Memiliki kecenderungan sulit tidur atau insomnia pastinya sangat mengganggu kesehatan tubuh, tidak dapat dipungkiri bahwa tidur adalah cara tubuh untuk memulihkan kondisi tubuh.

Gangguan tidur juga bisa membuat Anda lebih berisiko mengalami gangguan kesuburan. Ini karena insomnia atau kurang tidur dapat mengurangi kualitas sperma dan sel telur.

Insomnia juga bisa berdampak pada menstruasi wanita yang tidak teratur, sehingga sulit menentukan masa suburnya. dikarenakan pola menstruasi yang tidak dapat diprediksi.

Selain itu, efek gangguan tidur dalam jangka panjang juga dapat meningkatkan risiko terjadinya berbagai penyakit serius, seperti diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, serangan jantung, stroke, dan kanker.

Untuk mencegah terjadinya berbagai efek gangguan tidur di atas, Anda perlu tidur yang cukup dan hentikan kebiasaan sering begadang. Guna meningkatkan kualitas dan jam tidur, Anda juga bisa membiasakan diri untuk menerapkan sleep hygiene.

Namun, jika Anda sudah mencoba berbagai cara, tapi masih mengalami gangguan tidur atau merasa sulit untuk tidur dengan nyenyak, anda bisa mengkonsumsi herbal yang dapat memicu pola tidur normal.

Menurut salah satu pakar herbal apabila semua unsur herbal di atas di satukan maka akan menimbulkan efek relax sehingga memicu tubuh untuk lebih mudah beristirahat, apabila di konsumsi secara benar dan dalam takaran yang tepat.

Contoh seperti produk madu fira yaitu madu natures sleepy yang di produksi oleh PT Fira Herbalindo, dapat di konsumsi 2 jam sebelum waktu tidur normal selama 2 minggu, hal ini dilakukan agar tubuh bisa membiasakan diri untuk merangsang tubuh secara langsung.

"Madu natures sleepy juga sudah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan sudah mendapatkan sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) sehingga aman dan halal untuk di konsumsi." Ungkap Yasril, selaku brand owner Madu Natures Sleepy.

Berdasarkan informasi yang didapat produk natures sleepy juga sudah bisa didapatkan di toko toko herbal dan juga apotek seperti Century.