Besok Jumat Terakhir, Jemaah Haji Diimbau Tidak Memaksakan Diri Shalat di Masjidil Haram

MUS • Thursday, 22 Jun 2023 - 23:12 WIB

Madinah - Besok hari menjadi Jumat terakhir sebelum puncak haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina. Jemaah haji Indonesia diimbau untuk tidak memaksakan diri menunaikan shalat Jumat di Masjidil Haram. 

Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Subhan Cholid mengatakan jemaah sebaiknya mengikuti shalat Jumat berjamaah di hotel atau masjid sekitar. 

"Besok itu bertepatan dengan hari Jumat dan Masjidil Haram akan sangat padat. Demi menjaga keselamatan dan keamanan jemaah haji, kami mengimbau alangkah baiknya kalau jemaah manfaatkan masjid-masjid sekitar area perhotelan atau hotel menyelenggarakan Jumatan," kata Subhan, di Kantor Daerah Mekah PPIH Arab Saudi, Kamis (22/6/2023).

BACA JUGA: Cek Persiapan Armuzna, Menag Yaqut Minta Jemaah Hemat Energi untuk Puncak Haji

Menurut Subhan, pada Jumat, semua angkutan transportasi disetop pada pukul 9 pagi. Kemudian, baru beroperasi kembali seusai salat Jumat. 

Di sisi lain, bus-bus juga sudah mulai ditarik untuk persiapan angkutan puncak haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armina). Dampaknya, jemaah haji akan kesulitan mendapatkan bus untuk kembali ke hotel. 

"Kalau besok tetap akan Jumatan di Masjidil Haram, siap-siap pulang naik taksi," kata Subhan.

Selanjutnya, bus-bus shalawat akan sepenuhnya berhenti beroperasi pada Sabtu (24/6). Bus shalawat merupakan transportasi dari area perhotelan jemaah haji Indonesia ke Masjidil Haram dan sebaliknya. 

Bus shalawat baru akan kembali beroperasi seusai puncak haji, yakni mulai 14 Zulhijjah (2 Juli). 

BACA JUGA: Menunggu 10 Tahun, 17 Orang Dari Satu Keluarga ini Akhirnya Bisa Naik Haji Bareng

Pengasuh Pondok Pesantren Darul Musthafa Jakarta KH Zulfa Mustofa mengingatkan jemaah tentang kesepakatan ulama.

Menunaikan salat, khususnya salat berjamaah, di mana pun di Tanah Haram, ganjaran pahalanya sama dengan salat di Masjidil Haram. 

"Dalam Islam kita harus memahami skala prioritas karena haji intinya Armina maka sebaiknya para jemaah terkait salat Jumat besok, salat lah di masjid terdekat atau di hotel yang menyediakan," kata Kiai Zulfa mengingatkan.