Cek Persiapan Armuzna, Menag Yaqut Minta Jemaah Hemat Energi untuk Puncak Haji

MUS • Tuesday, 20 Jun 2023 - 02:35 WIB

Jeddah - Menteri Agama, Yaqut Cholil Qaumas tiba di Bandara Internasional King Abdul Azis, Jeddah, pada Senin (29/6/2023) sore waktu setempat, untuk mengecek langsung persiapan puncak haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna).

"Saya mau cek Armuzna, kembali ke Indonesia lusa, nanti tanggal 24 (Juni) ke sini lagi. Kita cek satu-satu kesiapannya seperti apa, kekurangannya di mana supaya bisa dikonsolidasikan dan kita tutupi kelemahan-kelemahan sebisa mungkin," ujar menteri Yaqut saat tiba di terminal internasional Bandara Jeddah.

Secara khusus, Gus Yaqut meminta jemaah haji Indonesia, terutama lansia, agar fokus menyambut puncak haji dengan menjaga kondisi fisiknya. 

BACA JUGA: Ini Ikhtiar Kemenag Wujudkan Haji Ramah Lansia

BACA JUGA: Ini Tips Bagi Jemaah Hindari Serangan Jantung Saat Beribadah

"Puncak ibadah haji ini masih beberapa waktu ke depan, tolong dihemat energinya. Jadi yang sunnah itu sudah cukup, sekarang mempersiapkan diri untuk puncak haji. Dengan begitu semua akan berjalan lancar, tidak banyak peristiwa yang tidak kita inginkan," ucap Gus Men. 

Selain meninjau persiapan Armuzna, Menag juga akan menghadiri Muktamar Fiqih Attaisir di Jeddah pada Selasa (20/6/2023). Ia pun dijadwalkan bertemu dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, untuk menyampaikan beberapa catatan soal pelaksanaan haji. 

"Kita akan menyampaikan beberapa catatan, catatan positif sih yang banyak, tak ada persoalan yang serius. Kayak pelayanan bagus, penyambutan baik, apa yang kita minta tahun lalu misalnya penambahan toilet di Arafah juga diadakan. Apa yang kita minta hampir semua dipenuhi," katanya.

Termasuk juga permintaan mobil golf untuk evakuasi jemaah di Mina. "Tahun lalu kita minta ke Kementerian Haji disiapkan mobil golf di Mina untuk melakukan evakuasi jika terjadi sesuatu terhadap jemaah kita, infonya hari ini dipenuhi 15 mobil golf disiapkan untuk kita. Ini bagian dari ikhtiar yang kita lakukan," pungkasnya.