Cegah Kaki Bengkak Selama Penerbangan ke Saudi, ini Tips Untuk Jemaah

MUS • Saturday, 10 Jun 2023 - 20:51 WIB

Jeddah - Indonesia tahun ini memberangkatkan 67 ribu jemaah lansia ke tanah suci untuk menunaikan ibadah haji. Jumlah ini tercatat sebagai yang terbesar dalam sejarah perhajian. 

Banyaknya jemaah lansia mendapat perhatian ekstra dari Kementerian Agama. Tak hanya saat di Arab Saudi, tapi sejak pemberangkatan dari tanah air. 

Dr Ane Dwi Sari dari Pos Kesehatan Bandara King Abdul Aziz di Jeddah mengatakan, ada beberapa hal yang dikhawatirkan ketika lansia berada dalam perjalanan jauh 9 jam menuju Saudi.

"Yang dikhawatirkan kalau di pesawat jemaah (lansia) gak mau makan dan gak mau minum, sama kaki bengkak," katanya saat ditemui tim Media Center Haji di bandara Jeddah, Jumat (9/6). 

Untuk itu, dr Ane menyarankan selama dalam pesawat para petugas mengajak para jemaah melakukan aktivitas streching atau olahraga ringan. 

BACA JUGA: Linjam Bolak-balik Jeddah-Madinah, Urus Paspor Jemaah yang Tertukar

BACA JUGA: Persiapan Wukuf, 5 Jemaah Sakit Mulai Dievakuasi ke Makkah

"Biasanya disuruh senam peregangan. Gerakannya stretching tangan kanan dan kiri, kaki juga digerakkan 8 kali. Tiap gerakan baik tangan maupun kaku 8 kali. Kepala miring ke kanan dan ke kiri juga 8 kali," ucapnya. 

dr Ane juga mengimbau para jemaah haji khususnya lansia untuk menjaga kesehatan sebelum masuk ke embarkasi. 

"Minum obat teratur, kemudian selama penerbangan tetap mengonsumsi obat kalau memang ada sakit, kalau ada keluhan lapor ke dokter kloternya, supaya kita bisa koordinasi, supaya jika kondisinya buruk atau jelek bisa secepatnya ditangani ketika sampai di bandara," katanya.

Sejauh ini kata dr Ane para jemaah yang tiba di bandara dalam kondisi sakit mengalami keluhan seperti dehidrasi, gangguan kesehatan faktor penerbangan hingga sakit jantung diperberat dengan kondisi penerbangan. 

"Ada juga usia sudah tua, kurang makan atau minum ketika di pesawat, perjalanan menuju bandara sampai sini lemas," katanya.