Pegabdian Masyarakat, UMB Berikan Pengenalan Aplikasi Pembelajaran Siswa

ANP • Friday, 26 May 2023 - 15:49 WIB

JAKARTA - Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat adalah kegiatan yang penting bagi para dosen untuk pelaksanaan Tri Darma dalam perguruan tinggi, hal ini didasari oleh Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 20. Sejalan dengan kewajiban tersebut, Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi Pasal 45 juga menegaskan di perguruan tinggi bahwa penelitian diarahkan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan daya saing bangsa serta pengabdian kepada masyarakat adalah kegiatan sivitas akademika dalam mengamalkan dan membudayakan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Maka salah satu pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Tahun Ajaran 2022-2023 yang diadakan Program studi Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Mercu Buana berjudul Pengenalan Aplikasi Pembelajaran Untuk Siswa/i SMP Al-Abror Jakarta Barat. 

Adapun pelaksanaan ini diselenggarakan oleh Universitas Mercu Buana bekerjasama dengan Sekolah Menengah Pertama Al-Abror Jakarta Barat pada hari kamis, tanggal 25 Mei 2023. Pelaksanaan ini diikuti oleh sekitar 34 peserta terdiri dari siswa/i dan guru, Kegiatan ini dibuka dan diberikan sambutan oleh Sekretaris Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Mercu Buana Bapak Indra Ranggadara, S.Kom., MT., MMSI dan Kepala Sekolah SMP Al-Abror Bapak Ahmad Baihaqi, S. Pd. 

Pengenalan Aplikasi Pembelajaran ini awalnya diperuntukkan untuk tenaga pengajar ataupun yang sudah bekerja dalam mempresentasikan apa yang diajarkan atau disampaikan dalam pekerjaannya. Seiring dengan pesatnya teknologi dan aktifnya remaja usia sekolah maka kami melaksanakan tahun ini untuk Siswa/i SMP Al Abror.
 
Aplikasi Pembelajaran yang kita perkenalkan kepada peserta adalah Video scribe Sparkol, aplikasi brainly, aplikasi Canva dan pengenalan jaringan nirkabel. 

Video scribe Sparkol merupakan video animasi tangan yang membuat sebuah gambar menjadi terlihat menarik. Videoscribe Sparkol ini dapat dijalankan di PC Windows / Mac atau di HP android / Iphone. Adapun gambar-gambarnya akan dirangkai membentuk suatu rangkaian cerita dalam bentuk video, sehingga dapat digunakan untuk membuat media belajar mengajar. Materi Pembuatan Presentasi Konten Video Dengan Sparkol VideoScribe ini diberikan oleh Umniy Salamah ST., MMSI sebagai narasumber. Kemudian materi Aplikasi Brainly, Brainly adalah sebuah aplikasi belajar yang memungkinkan penggunanya untuk saling tanya jawab dan bediskusi mengenai pertanyaan terkait dengan pelajaran di sekolah. Materi Aplikasi Brainly disampaikan oleh Ida Farida, ST., M.Kom sebagai narasumber.

Selanjutnya materi Aplikasi Canva. Canva adalah sebuah tools untuk desain grafis yang menjembatani penggunanya agar dapat dengan mudah merancang berbagai jenis desain kreatif secara online. Mulai dari mendesain kartu ucapan, poster, brosur, infografik, hingga presentasi. Canva saat tersedia dalam beberapa versi, web, iPhone, dan Android. Materi Aplikasi Canva disampaikan oleh Harni Kusniati, ST., M.Kom. Sedangkan Pengenalan Dasar Jaringan Nirkabel yang disampaikan oleh Raka Yusuf, ST., MTI adalah Jaringan yang bermanfaat karena membantu pengguna dalam menggunakan komputer dan terhubung ke Internet di mana saja, di rumah, disekolah atau di kantor. Namun, sebagian besar jaringan nirkabel menggunakan perute nirkabel, yang harganya cukup mahal. Jika Anda memiliki lebih dari satu komputer, Anda dapat mengatur jaringan nirkabel tanpa perute nirkabel dan menghemat sedikit biaya. 
 
Dengan adanya aktifitas kegiatan Pengadian Kepada Masyarakat terlihat peserta memiliki antusias yang tinggi, mereka tidak malu bertanya dan dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan dari narasumber sehingga membuat acara ini lebih menarik dan suasana tampak hidup. Narasumber  juga memberikan jawaban yang cukup jelas kepada peserta yang bertanya dimana hal tersebut diharapkan dapat semakin meningkatkan wawasan para siswa/i dan guru mengenai materi pengabdian masyarakat kali ini. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan para siswa/i dan guru dapat lebih berkreatifitas dalam mengemas bentuk belajar mengajar.