93 Ribu Jemaah Haji Indonesia Berusia 60 Tahun ke Atas

MUS • Monday, 10 Apr 2023 - 21:11 WIB

Jakarta - Tahun ini, Indonesia akan memberangkatkan 66.943 jemaah calon haji lansia. Menurut catatan Kementerian Agama, jumlah jemaah haji berusia 65 tahun ke atas setara dengan sepertiga dari total jemaah haji reguler tahun ini yang mencapai 203.320 orang.

Fasilitator Bimbingan Teknis Bidang Layanan Haji Lansia, Slamet ST mengatakan, jika merujuk pada WHO, definisi lansia sebenarnya adalah orang yang berusia 60 tahun ke atas. 

Namun, dalam penyelenggaraan haji tahun ini, Kemenag memberikan prioritas pada jemaah dengan usia 65 tahun ke atas yang mencapai 66.943 orang.

BACA JUGA: Sepertiga Jemaah Indonesia Lansia, ini Antisipasi Kemenag

"Kalau digabung dengan mereka yang berusia 60 tahun ke atas, maka jumlahnya meningkat hingga 93.000 jemaah lansia. Karena angkanya yang cukup besar, seluruh komponen baik jamaah maupun petugas harus betul-betul peduli kepada lansia,” kata Slamet di sela Bimbingan Teknis Tugas dan Fungsi petugas PPIH di Pondok Gede, Jakarta Senin (10/04/2023).

Kementerian Agama, imbuh Slamet, telah membuat langkah strategis agar pelayanan bagi seluruh jemaah dapat dimaksimalkan. “Kita menyiapkan secara internal dulu. Petugasnya kita siapkan mulai dari petugas di kloter, petugas di embarkasi, petugas PPIHnya, semua dilakukan bimbingan teknis dengan muatan-muatan lansia,” tutur Slamet.

Kementerian Agama juga melakukan edukasi kepada jemaah lansia dengan manasik-manasik yang mengedepankan kemudahan, keringanan, atau ruhshah agar mereka tidak memaksakan diri, dan memberikan alternatif-alternatif ibadah haji yang penuh dengan kemudahan.

“Di setiap embarkasi juga nanti diberikan simbol-simbol, petunjuk-petunjuk, ajakan-ajakan yang mengarah kepada peduli lansia. Kita juga menyiapkan buku panduan untuk petugas, menyiapkan panduan untuk lansia bagaimana mereka menjaga kesehatannya,” tukas Slamet.