Meningkatkan Literasi Keuangan dan Asuransi Masyarakat Bersama Prudential Indonesia dengan PAYDI

LAN • Tuesday, 21 Mar 2023 - 17:05 WIB

Sebagai perusahaan asuransi yang telah melayani kebutuhan perlindungan masyarakat Indonesia selama 27 tahun, Prudential Indonesia senantiasa menghadirkan produk dan layanan inovatif untuk menunjang kebutuhan keluarga Indonesia yakin melangkah menuju masa depan yang sehat dan sejahtera. 

Berbagai upaya dan strategi telah dipersiapkan dan dilaksanakan untuk mewujudkan komitmen perusahaan dalam melindungi, mendukung, dan membantu membangun ketahanan finansial nasabah dan masyarakat Indonesia. 

Salah satunya dengan menghadirkan Produk Asuransi Yang Dikaitkan Investasi (PAYDI).

Prudential Indonesia siap memasarkan produk PAYDI sejalan dengan peraturan terbaru yang dikeluarkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang telah berlaku secara penuh tanggal 14 Maret 2023. 

Sejumlah penyesuaian dan penyempurnaan telah dipersiapkan oleh Prudential Indonesia guna menghadirkan produk perlindungan PAYDI yang menyeluruh, tepat guna, dan terpercaya.

Inovasi Prudential Indonesia ini muncul untuk mengatasi literasi keuangan dan asuransi masyarakat Indonesia yang masih rendah.

Dewi Mayasari, Head of Internal Stakeholder and Customer Communication of Prudential Indonesia, menyampaikan tujuan dari inovasi terbaru Prudential, PAYDI. 

"Tujuan Prudential adalah untuk membantu meningkatkan kemampuan finansial masyarakat agar lebih kokoh dan sejahtera dari tantangan-tantangan kehidupan yang ada," ungkap Dewi. 

Pada kesempatan yang sama, Deby Kasenda, Head of Product Development and Activation Prudential Indonesia menjelaskan alur pembelian PAYDI.

"Pertama, calon nasabah mendapatkan penjelasan secara verbal dari agen asuransi seperti biasa. Langkah terbarunya adalah, nasabah akan diberikan video yang menjelaskan produk-produk asuransi yang ditawarkan," ujar Deby. 

Tujuan dari ditayangkannya video tersebut adalah agar nasabah mendapat transparansi informasi dari Prudential. Video juga dinilai lebih menarik dari pada harus membaca lembaran-lembaran informasi.

Setelah nasabah menonton video tersebut, mereka akan diminta untuk mengisi formulir yang mengonfirmasi pemahaman nasabah terhadap produk asuransi. 

Selain secara tulisan, nasabah juga mengonfirmasi melalui audio recording yang menyatakan pengertian mereka, lalu dilanjutkan dengan proses tanda tangan.

Setelah seluruh proses dilaksanakan, langkah terakhir yang dilakukan oleh Prudential adalah dengan menelepon nasabah untuk konfirmasi identitas dan direkam.

Deby menambahkan, bahwa tahap-tahap pembelian PAYDI akan berjalan secara mulus, sehingga nasabah tidah akan merasa kebingungan.