BPKH Ajak Millenial Untuk Haji Muda dan Peduli Lingkungan

FAZ • Monday, 20 Mar 2023 - 04:37 WIB

Jakarta - Anggota Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), Harry Alexander, memberikan kuliah umum dan literasi seputar Pengelolaan Keuangan Haji pada acara Wisuda Santri Program Short Course Angkatan Ketiga di Pesantren Ekologi Al Mizan Wanajaya di Kasokandel, Majalengka, Jawa Barat, Minggu (19/3/2023).

Kuliah umum tersebut dalam konteks pembangunan yang berkelanjutan yakni fasilitas Kemitraan Karbon Hutan (Forest Carbon Partnership Facility/ FCPF).

"BPKH mendorong para Millenial untuk mengatur keuangan untuk menjadi haji muda yang peduli terhadap lingkungan dan pemanasan global, melalui pesantren ekologi serta peningkatan pemahaman keislaman yang moderat dan sustainability. Peduli dan menjaga lingkungan dengan cara memanfaatkan lingkungan secara berkelanjutan dalam mewujudkan kemandirian pesantren, antara lain dengan Green building pesantren, penggunaan pembangkit listrik tenaga solar dengan potensi Power purchase agreement secara kolektif dengan PLN serta potensi forest carbon offset (carbon pool trading) sebagai alternative generating income untuk kemandirian pesantren," ujar Harry Alexander dalam wisuda pesantren ekologi Al-Mizan Wanajaya Angkatan Ketiga, Minggu (19/3/2023).

Acara ini bekerjasama dan sinergi antara Pesantren Ekologi Al Mizan, Bank Indonesia, BNPB dan BPKH.