UI dan Korea Selatan Kembangkan Pembelajaran Digital

ANP • Tuesday, 14 Mar 2023 - 20:10 WIB

JAKARTA - Dalam rangka penguatan kapasitas pembelajaran digital dan pengembangan kerja sama internasional perguruan tinggi, delegasi UI bersama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) Republik Indonesia memenuhi undangan dari Korea International Cooperation Agency (KOICA) untuk bertandang ke Korea Selatan pada hari Senin, 13 Maret 2023.

Delegasi UI diwakili oleh Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris selaku Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan yang didampingi pimpinan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) Dr. Bondan, Direktur Sumber Pembelajaran Dr Gatot, Direktur CIL Astha.  Sementara Kemdikbudristek diwakili oleh Dr. Lukman, ST, M.Hum. yang merupakan Direktur Kelembagaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Lawatan bertema “Capacity Building on ICT-based Integrated Knowledge System Development at Universitas Indonesia” yang didukung oleh KOICA tersebut diagendakan selama satu pekan hingga Senin (20/3) mendatang. Dalam kesempatan tersebut, para delegasi berbagi dan diskusi masa depan perguruan tinggi, desain pengembangan Massive Open Online Courses (MOOCs), serta pemanfaatan teknologi artificial intelligent, virtual reality, dan augmented reality dalam dunia pendidikan.

Selain itu, KOICA juga mendampingi para delegasi UI mengunjungi universitas-universitas terbaik di Negeri Ginseng tersebut, antara lain: Seoul National University, Kyung Hee University, Korea National Open University, Hanyang Cyber University, dan Sungkyunkwan University. Mereka juga dijadwalkan untuk bertemu perwakilan pemerintah setempat melalui Kementerian Pendidikan Korea Selatan dan The National Institute for Lifelong Education.

“Bagi Universitas Indonesia, kerjasama dengan KOICA ini adalah sebuah upaya  untuk mengakselerasi kapasitas dan kualitas sumber daya pembelajaran di UI. Hari ini kita sudah berada di masa depan, dimana ada banyak teknologi mutakhir berbasis digital yang dapat dimanfaatkan untuk memultiplikasi efektivitas pembelajaran di perguruan tinggi. UI harus menjadi Guru Bangsa dalam hal pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi di dunia pendidikan.” ujar Prof. Abdul Haris.