Indonesia dan India Kerjasama Tingkatkan Ekspor Daging dan Gandum

ANP • Tuesday, 13 Dec 2022 - 19:34 WIB

JAKARTA - Agricultural and Processed Food Products Export Development Authority atau Otoritas Pengembangan Ekspor Produk Pertanian dan Makanan Olahan (APEDA) bekerja sama dengan Kedutaan Besar India, Jakarta, Indonesia menyelenggarakan Temu Penjual Daging Kerbau dan Gandum di Jakarta di Hotel Kempinski pada 13 Desember 2022, dan di Medan di Hotel JW Marriott pada 15 Desember 2022.

Ketua APEDA, Dr. M Angamuthu memimpin delegasi 40 eksportir baik dari daging kerbau maupun gandum untuk mengikuti program ini. Menurutnya, seluruh importir yang bersangkutan diundang oleh Kedutaan Besar India di Jakarta dan berpartisipasi dalam acara ini, serta berinteraksi dengan para eksportir. Ia menjelaskan, sampel gandum yang dikirim oleh eksportir ditampilkan selama Buyer Seller Meet (BSM) yang telah menarik minat banyak peserta.

"Setiap eksportir berinteraksi dengan importir yang diundang KBRI dan mencicipi produk serta mengapresiasi kualitas dan rasa produk. Lebih dari 40 eksportir daging kerbau yang mengikuti acara ini telah berinteraksi dengan para importir. Eksportir telah meyakinkan tentang pasokan yang konsisten dari daging kerbau beku bersertifikat halal berkualitas dengan harga yang wajar ke Indonesia," tegas Ketua APEDA, Dr. M Angamuthu di Jakarta, Selasa (13/12/2022).

Dalam pertemuan itu, sebuah film video tentang pengolahan daging kerbau dan produk gandum yang mencakup ekspor ke berbagai tujuan ditampilkan yang menciptakan kesadaran di antara para peserta tentang kontrol kualitas dan kondisi higienis yang dipertahankan selama pemrosesan dan nilai gizi produk. Selain itu, produk dari gandum India diapresiasi oleh pembeli Indonesia.

Ketua APEDA Dr. M Angamuthu dalam sambutannya menyebutkan tentang kemitraan perdagangan yang kuat antara India dan Indonesia. Dia meyakinkan importir untuk pasokan produk pertanian yang konsisten dan berkualitas oleh eksportir India.

"Dalam Millet Internasional Meeting pada tahun 2023, APEDA akan fokus untuk mempromosikan gandum India secara agresif di pasar Indonesia agar dapat menjangkau masyarakat umum dalam bentuk masakan berbasis gandum," katanya.

Duta Besar India untuk Indonesia dan Timor-Leste, Manoj Kumar Bharti meresmikan Temu Penjual Pembeli (BSM) untuk Daging Sapi India dan Gandum di Hotel Kempinski Jakarta, Selasa (13/12/2022).

Duta Besar Bharti berbicara kepada perwakilan Kementerian Perdagangan, Kementerian Pertanian dan berbagai asosiasi bisnis serta perusahaan India dan Indonesia. Dia menekankan untuk peningkatan kerja sama yang saling menguntungkan antara entitas bisnis India dan Indonesia untuk mempromosikan daging sapi dan gandum India di Indonesia. Menurut Duta Besar Bharti, pertemuan itu atas prakarsa Perdana Menteri India, Shri Narendra Modi, dimana PBB telah mendeklarasikan tahun 2023 sebagai Tahun Internasional Millet.

"Karena India adalah negara penghasil utama gandum, hal ini dapat membantu india untuk melakukan diversifikasi dari tanaman seperti gandum dan beras ke tanaman seperti millet. Ia juga menginformasikan bahwa acara eksklusif fokus millet dengan APEDA akan diselenggarakan tahun depan," katanya.