Popy Rufaidah, Orang Indonesia Pertama Dapat Penghargaan dari America-Eurasia Center

FAZ • Sunday, 30 Oct 2022 - 14:13 WIB

Jakarta - Eurasia Center, salah satu organisasi think tank tertua bereputasi di Washington, D.C., America Serikat menganugerahkan "Star of Excellence Award" kepada Popy Rufaidah, Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud), KBRI Washington, D.C. periode Desember 2018 – September 2022.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Amerika Serikat, Rosan Perkasa Roeslani, mengatakan, Popy adalah sosok Atdikbud aktif yang dikenal kiprahnya di kalangan diplomat dan Kementerian luar negeri AS bidang pendidikan dan kebudayaan serta institusi terkait lainnya. Penghargaan tersebut sangat layak diterima Popy.

Gerard Janco, Presiden dan Pendiri Eurasia Center, Washington, D.C. mengatakan, tahun 2022, “Star of Excellence Award” diberikan kepada Popy, sebagai sosok yang telah berkontribusi secara positif pada komunitas diplomat di Washington, D.C., dalam memperkuat diplomasi kebudayaan dan pendidikan; serta atas inisiatif membentuk Asosiasi Atase Pendidikan dan Kebudayaan se-Amerika Serikat di Washington, D.C. yang menjadikannya sebagai Presiden Asosiasi Atase Pendidikan dan Kebudayaan se-Amerika Serikat berbasis di Washington, D.C. Popy juga dipilih karena menunjukan kemampuan dan kepemimpinannya menyatukan kedutaan besar bidang pendidikan dan kebudayaan di Washington, D.C.

Wakil Duta Besar Republik Indonesia untuk Amerika Serikat, Sade Bimantara, mewakili Popy untuk menerima penghargaan langsung dari Presiden Eurasia Center, Gerard Janco pada acara America-Eurasia Center “Embassies of the World in Washington, DC, Special Cultural and Business Networking Event”, bertempat di Ven-Embassy Row, Washington, D.C. (26/10/22).

Michael Cooper, Direktur Eurasia Center, Washington, D.C., menyatakan, penganugerahan “Star of Excellence Award” terakhir tahun 2016 diberikan kepada institusi dan perusahaan AS yang memiliki peran dalam penguatan hubungan dengan Amerika, seperti, Ronald Reagan Building of International Trade and Culture; dan perusahaan AS, seperti, Coca-Cola, John Deere, Citi, Caterpillar, dan The Ford Motor Company.

Popy Rufaidah, Guru Besar Universitas Padjadjaran bidang marketing dan manajemen strategik, mengatakan, “Suatu kehormatan yang tidak terduga, sebagai orang Indonesia pertama dianugerahkan penghargaan dari America Eurasia Center di Washington, D.C.,  atas kiprahnya selama menjadi Atase Pendidikan dan Kebudayaan di KBRI Washington, D.C., pada periode Desember 2018 sampai September 2022.”

Acara dihadiri para Duta Besar, Wakil Duta Besar, Atase Kebudayaan, Atase Pendidikan, Konselor dari berbagai Kedutaan Besar dan mitra bisnis yang ada di Washington, D.C., seperti, Dubes Dmitirois Tsikouris, Dr. Charles Sills Senior Advisor Eurasia Business Coalition, Jan Du Plain CEO Du Plain Global Enterprises dan Victor Shiblie Presiden Washington Diplomat.