Pengabdian Masyarakat, UMB Gelar Pelatihan Literasi Digital

ANP • Saturday, 25 Jun 2022 - 14:27 WIB

JAKARTA - Universitas Mercu Buana (UMB) yang merupakan penyelenggara pendidikan perguruan tinggi, tempat dimana setiap dosen dan tenaga pengajarnya melakukan kegiatan Tri Dharma telah memfasilitasi dengan menyediakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang telah diselenggarakan pada Sabtu (5/04/2022).

Para dosen dari Universitas Mercu Buana Fakultas Ilmu Komputer program studi Sistem Informasi, memberikan “Pelatihan Literasi Digital di Yayasan Menembus Batas” sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat Universitas Mercu Buana.

Sosialisasi yang diadakan secara offline ini disambut dengan baik oleh para Peserta Disabilitas yang berada di Jakarta Pusat, yang mana jumlah peserta yang hadir berjumlah 24 Peserta. Hal ini tentunya memiliki dampak yang baik bagi para peserta disabilitas karena tidak hanya mempelajari tentang membuat presentasi yang baik namun bagaimana cara menyajikannya dengan interaktif dengan menambahkan animasi pada bagian presentasi,  selain itu pemanfaatan teknologi tetapi juga sebagai berbagi ilmu untuk menambah kemampuan para peserta.

Pada perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah memberikan pengaruh terhadap dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran, para guru dituntut untuk menguasai ICT agar dapat mengembangkan dan memanfaatkan ICT sebagai media pembelajaran. Tujuannya adalah untuk memberikan kemudahan dan kesempatan yang lebih luas kepada siswa dalam belajar agar mampu menguasai modernisasi atau kemajuan zaman untuk meningkatkan daya saing di tingkat global dalam menghadapi New Normal yang dihadapi saat ini.

Perwakilan program studi jurusan sistem informasi UMB, Indra Ranggadara, S.Kom, MT., MMSI menjelaskan dengan mengenai membuat presentasi yang menarik, karena selain memerlukan gambar dan poin-poin yang perlu disiapkan tentunya yang akan dijelaskan atau dipaparkan presentasinya mudah untuk dipahami dan dimengerti dengan baik.

"Hal ini menjadi acuan kepada para peserta khususnya kaum disabilitas yang berada di yayasan tersebut untuk memanfaatkan power point sebagai sarana untuk mempresentasikan suatu topik yang dapat disajikan secara interaktif karena adanya perbedaan antara membuat presentasi yang biasa saja dengan presentasi yang diisi dengan gambar dan animasi yang menarik," tegas Suhendra.

Menurutnya, dalam sosialisasi ini dibuat diharapkan dapat membantu dalam menjelaskan produk atau jasa yang dimiliki oleh para peserta disabilitas. Selain itu tentunya dengan penggunaan dari presentasi yang menarik dapat membantu memudahkan menggambarkan produk atau jasa yang dimiliki. 

"Selanjutnya kegiatannya adalah mempresentasikan hasil karya power point yang sudah dibuat agar bisa dijelaskan di hadapan para peserta yang lain sehingga dengan seperti ini para peserta menjadi lebih percaya diri akan hasil karya yang sudah dibuatnya dapat dipaparkan dengan lancar serta mudah dipahami oleh peserta lainnya." katanya.
Pada kegiatan ini dihadiri oleh para dosen dari Universitas Mercu Buana (UMB) Fakultas Ilmu Komputer Jurusan Sistem Informasi yaitu Indra Ranggadara, S.Kom, MT, MMSI, Suhendra, S.Kom, M.Kom, dan beberapa mahasiswa Universitas Mercu Buana jurusan Sistem Informasi.  (ANP)