Menuju Endemi, Kamrussamad: Buka Masker Kebijakan Berani

AKM • Friday, 20 May 2022 - 10:39 WIB

Jakarta - Anggota DPR RI Komisi XI dari Fraksi Gerindra, Kamrussamad menilai kebijakan pelonggaran penggunaan masker saat ini sudah tepat. Menurut Kamrusamad, kebijakan ini asalah Transisi menuju Endemi Covid 19.

"Pelonggaran penggunaan masker, terutama di outdoor, merupakan kebijakan yang harus dilihat dalam kerangka transisi menuju endemi covid-19. Di sisi lain, saat ini penanganan covid-19 sudah semakin terkendali. Jadi ini keputusan yang berani dan sudah tepat." ujarnya dalam keterangan tertulis, Jakarta, Jumat (20/5).

Kamrusamad meminta  masyarakat tetap harus disiplin dalam menjaga imunitas dan tidak disikapi secara euforia.

“Meski di luar sudah boleh tidak menggunakan masker, tapi kita bisa menyesuaikan dengan kondisi di lapangan. Jika kiranya di kerumunan, sebaiknya kita tetap siapkan masker." jelas Kamrusamad.

Kamrusamad juga menghimbau kementerian dan instansi terkait harus tetap meningkatkan literasi kesehatan masyarakat. 

“Pandemi covid-19 harus menjadi pelajaran penting bagi kita semua. Karena itu, early warning system terkait situasi serupa yang nantinya muncul, harus tetap disiapkan." pintanya.

Selain itu, Kamrusamad menilai fasilitas kesehatan tetap harus terus dioptimalkan. Situasi terkendali saat ini jangan sampai membuat pemerintah lengah dan kendor untuk terus meningkatkan kualitas layanan faskes.

“Ke depan, situasinya bisa saja berubah dan kita harus tetap siap antisipasi kondisi terburuk." tandasnya.