Arus Balik Lebaran, 15 Ribu Penumpang Tiba di Stasiun Gambir

FAZ • Saturday, 7 May 2022 - 06:43 WIB

Jakarta - Puncak arus balik mudik lebaran diperkirakan terus berlanjut hingga 9 Mei mendatang. Diketahui, pada Jumat (6/5/2022) belasan ribu telah tiba di Stasiun Gambir.

Hal itu disampaikan langsung oleh Kepala Humas PT Kereta Api Persero Eva Chairunisa. 

Setelah Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1443, terdapat 15.200 tiba di Stasiun Gambir pada Jumat. Adapun angka pemudik yang tiba di Stasiun Gambir terbilang cukup tipis. Pasalnya di Stasiun Pasar Senen sendiri, hari ini tercatat setidaknya ada 15.400 penumpang yang tiba melalui Stasiun Pasar Senen.

"Betul, puncak hari ini. 15.200 orang yang tiba," Ujar Eva Chairunisa, Jumat (6/5/2022).

Sementara itu, untuk total penumpang yang tiba di Stasiun Daop 1 Jakarta. Sejak 4-6 Mei, terdapat 111.700 orang. Melalui beberapa Stasiun lainnya seperti Stasiun Pasar Senen, Gambir, Jakarta Kota, Jatinegara, Bekasi Kota dan Cikampek.

"Telah menempatkan sejumlah petugas baik di area peron dan hall untuk membantu mengarahkan penumpang yang tiba agar tidak berkerumun di satu lokasi tertentu saat akan menunggu penjemputan," kata dia.

Bukan hanya itu, untuk memastikan tidak terjadi kerumunan diarea Stasiun Gambir. Pihaknya pun telah menambah petugas untuk memberikan pelayanan kepada penumpang.

Persoalan sengaja dilakukan, lantaran pihak PT Kereta Api Persero ingin mudik tahun ini berjalan dengan tertib dan aman. "Kami mengantisipasi salah satunya tidak terjadi penumpukan di tempat tertentu, saat penumpang tersebut menunggu penjemputan, kita mengatur flow dan penambahan petugas pelayanan di zona 1, 2, dan 3 petugas yang mengarahkan penumpang ketempat yang sudah disiapkan," tandasnya

Berdasarkan pantauan Tim MNC Portal Indonesia, Pukul 18.00.WIB. Stasiun Gambir terus berdatangan pemudik di pintu kedatangan. Dengan membawa sejumlah tas dan koper-koper besar.

Sementara itu, perkiraan arus balik tahun ini, pemerintah memprediksi bahwa puncak arus balik lebaran mulai dari 6 sampai 9 Mei 2022.