Dukung Penerimaan Negara, Bank DKI Dorong Kemudahan WP untuk Bayar Pajak

FAZ • Wednesday, 30 Mar 2022 - 19:39 WIB

Jakarta - Bank DKI mendorong kemudahan bagi Wajib Pajak (WP) dalam melakukan pembayaran pajak daerah melalui Tabungan Pajak bersama Badan Pendapatan Daerah DKI Jakarta. Tabungan ini merupakan bagian dari Tabungan Monas Rencana yang diperuntukkan untuk membayar pajak.

Direktur Ritel dan Syariah Bank DKI Babay Parid Wazdi menyampaikan dengan Tabungan Pajak, WP dapat menabung secara disiplin dan terjadwal untuk pembayaran pajak. WP yang membuka rekening Tabungan Pajak juga dapat lebih fleksibel menentukan tanggal autodebet, serta dapat melakukan pembayaran pajak dengan mengangsur secara bulanan.

"Wajib Pajak juga dapat menggunakan fasilitas autodebet pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)," kata Babay, dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 30 Maret 2022.

Melalui Tabungan Pajak, tambahnya, Bank DKI berharap dapat meningkatkan animo warga DKI Jakarta dalam melakukan pembayaran PBB secara tepat waktu. Babay Parid menjelaskan Tabungan Pajak menawarkan tingkat suku bunga yang menarik dan tidak dikenakan biaya administrasi.

"Kedepannya, Tabungan Pajak juga dapat dipergunakan untuk pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB)," ucapnya.

Selain menghadirkan kemudahan untuk Wajib Pajak, Babay menambahkan, Tabungan Pajak merupakan salah satu upaya Bank DKI dalam mendukung peningkatan pendapatan asli daerah di DKI Jakarta. "Tabungan Pajak memang kami (Bank DKI) kembangkan dengan berbagai kemudahan agar pembayaran pajak dapat dilakukan dengan terencana dan lebih ringan," ucapnya.

Pada 2021, transaksi pembayaran pajak melalui e-Channel Bank DKI mencapai 142 ribu transaksi dengan nominal transaksi sebesar Rp555 miliar. Bank DKI terus meningkatkan kemudahan warga DKI Jakarta dalam pembayaran pajak daerah, melalui aplikasi JakOne Mobile, ATM, dan EDC.

"Saat ini, JakOne mobile sudah dapat dipergunakan sebagai alat transaksi dalam pembayaran PKB tahunan di DKI Jakarta. Wajib pajak kini hanya perlu melakukan scan to pay pada fitur JakOne Mobile di kasir pembayaran SAMSAT DKI Jakarta," pungkas Babay.