Bersama Pemda DIY, Garuda Indonesia Ikut Dukung Pertumbuhan Ekonomi dan UMKM

MUS • Saturday, 15 Jan 2022 - 09:01 WIB

Yogyakarta - Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, menerima kunjungan dari Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan Yogyakarta (14/01). Kunjungan dilaksanakan dalam rangka koordinasi terkait insiatif yang dilakukan Garuda Indonesia untuk mendorong ekspor serta pemasaran UMKM di Yogyakarta dan Jawa Tengah. 

Menurut pemaparan Irfan, Sri Sultan sangat mendukung serta memberi banyak masukan tidak hanya untuk Garuda Indonesia, tetapi juga7 dalam upaya mendorong pertumbuhan ekonomi dan ekspor UMKM. Pihak Pemda DIY dan Garuda Indonesia akan saling melihat peluang yang ada dan sepakat fokus pada UMKM sebagai tonggak pertumbuhan ekonomi di Yogyakarta.

“Kami mendukung kerja sama dengan Pemda DIY untuk bisa lebih meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan melewati pandemi ini dengan sebaik-baiknya,” kata Irfan.  Salah satu upaya yang sudah dilakukan adalah melakukan penerbangan kargo langsung dari Semarang ke Singapura. Selain itu, poin lain yang didiskusikan juga berkaitan dengan excess baggage atau tarif kelebihan bagasi dan berat bawaan penumpang. 

“Kami saat ini mendorong pada para pengunjung Yogyakarta untuk bisa menggunakan fasilitas penerbangan dengan excess baggage, karena kita tekan harganya semurah mungkin,” ungkap Irfan. 

General Manager Garuda Indonesia Kantor Cabang Yogyakarta Dian Ediono, menambahkan bahwa pertumbuhan Garuda Indonesia selama pandemi dilakukan bersama-sama dengan para stakeholder, termasuk eksportir yang siap mengirim barang. Oleh karena itu, program excess baggage dengan tarif yang tidak mahal ini juga penting untuk diumumkan dan disampaikan kepada tempat dan pelaku usaha oleh-oleh yang berada di Yogyakarta. Garuda Indonesia akan membantu penerbangan dan ekspor bagi UMKM, baik di lingkup domestik maupun internasional. 

Selain itu penerbangan Garuda Indonesia ke YIA Kulon Progo akan terus ditingkatkan dengan kondisi yang ada. Jika situasi semakin membaik dan Covid-19 semakin terkendali, diperkirakan jumlah pengunjung ke Yogyakarta akan semakin meningkat. Irfan menyebutkan bahwa Garuda akan terus memonitor ekspor dan jumlah penerbangan. (Ron)