UI Resmikan Sentra Vaksinasi Mahasiswa Indonesia Dengan Target 25.000 Peserta

ANP • Friday, 6 Aug 2021 - 23:05 WIB

DEPOK - Universitas Indonesia (UI) meresmikan “Sentra Vaksinasi Mahasiswa Indonesia” sebagai bentuk nyata dukungan percepatan kekebalan komunal atau herd immunity di Indonesia, pada Kamis, 5 Agustus 2021, di Sarana Olah Raga (SOR), Kampus UI Depok. Peresmian Sentra Vaksinasi Mahasiswa Indonesia (SVMI) UI dilakukan oleh Rektor UI Prof. Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph.D, dan dihadiri oleh Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D., IPU, Asean Eng., Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI; Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI yang juga Komisaris Utama PT Telkom Indonesia, Prof. Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, S.E., M.U.P., Ph.D.; President Director PT Mustika Ratu Tbk., Bingar Egidius Situmorang; RCEO Region 5 Jakarta 3-Bank Mandiri Anton Zulkarnain; Arya Prajaka Pemimpin Divisi Hubungan Kelembagaan BNI; Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial, dan juga sebagai Waka 3 Satgas Covid-19 Kota Depok Drs. Sri Utomo, M.Si; dan  para dekan dari 17 fakultas/sekolah pascasarjana/ program vokasi.

Kepala Staf TNI AU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., mengapresiasi inisiatif Universitas Indonesia dalam kegiatan vaksinasi mahasiswa Indonesia. TNI Angkatan Udara, membantu dalam penyiapan tim kesehatan (Nakes) dan tim vaksinator serta mendukung penyiapan ambulans dalam kegiatan tersebut.

UI menggandeng mitra dari PT Mustika Ratu Tbk, Shopee Indonesia, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, PT Paragon Technology and Innovation, Telkomsel, Bank Negara Indonesia, Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia, Bank Tabungan Negara, dan Bank Central Asia, dalam memberikan layanan vaksinasi terbaik di SVMI. Rektor UI Prof. Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph.D mengatakan, “Untuk mendukung target Pemerintah melaksanakan vaksinasi 2 juta dosis/hari, UI bersinergi dengan berbagai mitra berupaya untuk membangun sentra vaksinasi yang dinamakan dengan “Sentra Vaksinasi Mahasiswa Indonesia”. Peresmian Sentra Vaksinasi Mahasiswa Indonesia ini, diharapkan dapat menjadi role model kerja sama pentahelix yang terdiri dari akademisi, pemerintah, industri, media massa, dan juga masyarakat,” ujarnya.

SVMI mendapat dukungan dari Kementerian Kesehatan RI, Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, dan Dinas Kesehatan Kota Depok dalam menyiapkan 25.000 dosis vaksin Sinovac, dengan rincian kuota sebanyak 1.000 peserta per hari. Selain mahasiswa UI, SVMI terbuka bagi mahasiswa se-Jabodetabek dan masyarakat umum yang berusia 12 tahun ke atas, memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan/atau ber-KTP Indonesia. Para peserta yang hendak mengikuti program ini dapat mendaftarkan melalui reservasi.ehealth.co.id/kliniksatelitui.

Sebanyak 120 orang tenaga kesehatan Klinik Satelit UI Makara, relawan dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), 15 orang tenaga kesehatan dari RSAU dr. Esnawan Antariksa, Komando Operasi Angkatan Udara (Koopsau) I, dan Komando Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas), ikut dalam pelaksanaan vaksinasi di SVMI ini.

Prof. Bambang P.S. Brodjonegoro menyampaikan komitmen PT Telkom Indonesia mendukung program vaksinasi, salah satunya dengan keikutsertaan dalam kolaborasi SVMI. Guru Besar dan anggota Majelis Wali Amanat UI, Prof. Bambang, mengatakan “Kerja sama pentahelix yang dilakukan UI dengan berbagai pihak ini, merupakan salah satu aspek untuk mencapai kekebalan komunal. Saya mewakili Telkom Group besyukur menjadi salah satu mitra kolaborator bisa menjadi bagian dari upaya yang sangat baik ini. Saya berharap para mahasiswa UI dapat memanfaatkan fasilitas sentra vaksinasi ini, dan Sentra Vaksinasi ini dapat bermanfaat seluas-luasnya bagi UI, Pemkot Depok, dan seluruh masyarakat,” ujarnya.

Presiden Direktur PT Mustika Ratu Tbk, Bingar Egidius Situmorang menyampaikan, “Mustika Ratu mendukung pemerintah untuk percepatan penanganan Covid-19 dengan menghadirkan suplemen herbal  Herbamuno+ yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tahan tubuh, terbuat dari lima herbal pilihan asli Indonesia yaitu Sambiloto, Akar Manis, Meniran, Jahe Emprit, dan Daun Jambu Mete yang memiliki manfaat sebagai immunomodulator dan  juga membantu meredakan gejala badan meriang, mual, perut kembung, pusing dan batuk.” Herbamuno+ sudah dimanfaatkan oleh tenaga kesehatan Rumah Sakit Darurat Covid (RSDC) Wisma Haji, Pondok Gede, tenaga kesehatan Rumah Sakit Angkatan Bersenjata (RSAD) di Pulau Jawa, serta digunakan sebagai suplemen pendampingan dalam berbagai sentra vaksin yang diselenggarakan di beberapa kota besar di Indonesia, termasuk sentra vaksin di UI.

“Saya turut mendukung program sentra vaksin UI untuk membantu pemerintah mempercepat mengatasi Covid -19 agar segera berakhir. Ayo kita semua vaksin dan dan jaga daya tahan tubuh bersama Herbamuno+, agar kita tetap sehat,” ujar Rr. Ayu Maulida Putri, S.H., Puteri Indonesia 2020, yang hadir di lokasi tadi pagi.

Sis Apik Wijayanto, Direktur Hubungan Kelembagaan BNI, mengatakan bahwa program vaksinasi nasional menjadi salah satu game changer yang paling penting untuk memulihkan perekonomian Indonesia dan bangkit dari keterpurukan akibat pandemi Covid-19. ”Kami dari perbankan sangat mendukung program pembukaan Sentra Vaksinasi ini. Kami berharap sivitas akademika dapat memanfaatkan Sentra Vaksinasi ini sehingga menjadi bagian dari percepatan terbentuknya kekebalan komunal di Indonesia,” ujar Sis Apik.

Prof. Ir. Nizam menyampaikan selamat dan apresiasi upaya UI mewujudkan Sentra Vaksinasi tahap III. Selama ini, UI gigih dan aktif membantu mengatasi Covid-19 khususnya di Jabodetabek, baik melalui relawan, maupun riset dan pengembangan. Kemdikbud Ristek mendukung program ini, dengan kerja sama kolaboratif bergotong-royong dengan mitra, Kementerian Kesehatan RI, dan para sponsor.

Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi, DEA., Wakil Rektor Bidang SDM dan Aset, dalam peresmian SVMI menyampaikan laporan bahwa kegiatan tersebut telah dilaksanakan sebanyak 3 batch, dimulai pada tanggal 21-23 Juli 2021 (untuk batch 1), 28-30 Juli (batch 2) dan batch ke-3 dengan total akumulasi target penerima vaksin sebanyak 25.000 orang. Pada batch 1 dan batch 2, SVMI telah melaksanakan sebanyak 2.279 orang tervaksin. Sedangkan untuk batch 3 yang dimulai hari ini, jumlah pendaftar total dalam 4 hari ke depan sebanyak 4.585 orang dengan peserta mahasiswa baru UI sebanyak 393 mahasiswa baru angkatan 2021. (ANP)