Sediakan Tenaga Kesehatan, PKS Lakukan Kolaborasi Percepatan Vaksinasi Nasional

FAZ • Sunday, 1 Aug 2021 - 08:42 WIB

Jakarta – Satuan Nasional Penanggulan Dampak Covid-19 (Satnas PDC) Dewan Pengurus Pusat (DPP) PKS berkolaborasi bersama Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Pemerintah Kota Jakarta Selatan, SMK Pembangunan Jaya dan DPW PKS DKI Jakarta juga Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta melakukan percepatan vaksinasi nasional yang menjadi program pemerintah saat ini.

Hal ini disampaikan Ketua Divisi Percepatan Vaksinasi Satnas Penanggulangan Dampak Covid Israyani saat menggelar pelaksanaan vaksin di SMK Pembangunan Jaya, Jakarta Selatan, Sabtu (31/7/2021).

“Dukungan kami terhadap percepatan vaksinasi nasional ini dengan menyiapkan tenaga medis diantaranya dokter dan vaksinator,” jelas Israyani yang juga anggota Komisi A DPRD DKI.

“Dan kami juga sangat berbahagia, acara ini dihadiri langsung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang juga melakukan inspeksi  pelaksanaan vaksinasi di ibu kota,” katanya lagi.

Ditempat yang sama, Gubernur Anies menyampaikan terima kasihnya kepada Tim Satnas PDC DPP PKS, DPW PKS DKI Jakarta dan Anggota DPRD DKI Fraksi PKS yang telah menjadi mitra dalam menuntaskan program vaksinasi.

“Kita menginginkan warga DKI Jakarta sehat, selamat melewati masa pandemi ini,” kata Anies.

Masih menurut Anies, dirinya bersyukur dengan vaksinasi ini, dari data yang diterima, warga yang sudah tervaksinasi, kalaupun terpapar virus sars-cov2 maka resiko terjadinya perburukan akan menjadi kecil, apalagi terjadinya resiko fatalitas, kalaupun terpapar gejalanya ringan atau tanpa gejala.

“Dan dari 4,2 juta warga yang mendapat vaksinasi minimal dosis 1, ada  2,3 % yang tetap terinfeksi jadi dalam statistik sangat kecil,” papar mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini.

Pemprov DKI akan mendorong terus, dengan vaksinasi agar bisa terlindungi, dalam konteks itu pemerintah tidak bisa menjalankannya sendiri, karena vaksin ini beda dengan membagi bansos, “Kalau bagi bansos pasang tenda taruh bansos semua datang, kalau vaksinasi harus mendatangkan orang, punya vaksinnya saja, ada dokternya, ada tenaga medisnya ada tempatnya belum tentu datang,” sambungnya.

Anies juga menambahkan, kalau vaksinnya 1000 yang datang, orang yang mau divaksin hanya 200 maka catatannya bukan 1000 tapi 200, maka penentunya bukan sekedar supplynya vaksin tapi demandnya dari masyarakat.

Anies mengapresiasi PKS yang telah mengorganisir, namun yang terpenting adalah menghadirkan warga untuk ikut vaksinasi, dengan itu insya Allah nantinya Jakarta dapat menuntaskan vaksinasi untuk seluruh penduduknya, “Dan Alhamdulillah saat ini sudah memvaksin 7,5 juta orang se Jakarta,” pungkasnya.

Hadir dalam acara vaksinasi ini antara lain, Kepala Dinas Kesehatan DKI Widyastuti, Plt. Walikota Jakarta Selatan Isnawa Adji, Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan, Kepala Puskesmas Jakarta Selatan, Sekretaris Satnas PDC DPP PKS Iqbalur Ramadan, Ketua DPW PKS DKI Jakarta Khoirudin, Anggota  DPRD DKI Fraksi PKS Achmad Yani dan Muhammad Thamrin, Kepala Sekolah SMK Pembangunan Jaya, dan juga  masyarakat yang di vaksin.