Jelang Ibadah Haji 2021, Umrah Ditiadakan untuk Masyarakat Umum

MUS • Wednesday, 7 Jul 2021 - 11:52 WIB

Jakarta - Jelang pelaksanaan ibadah haji 1442 Hijriah/2021 Masehi, prosesi umrah untuk masyarakat umum di Kompleks Masjidil Haram ditiadakan sementara. Penutupan umrah bagi kalangan umum ini dimulai pada 25 Dzulqaidah 1442H atau bertepatan Ahad 4 Juli 2021 malam waktu Arab Saudi.

"Umrah ditutup mulai tengah malam nanti, dalam persiapan ibadah haji hingga 13 Zulhijah," demikian sebagaimana keterangan yang dikutip dari unggahan akun Twitter Haramain Sharifain @hsharifain.

Sementara itu sejumlah petugas Masjidil Haram diizinkan melakukan tawaf menjelang penutupan umrah untuk masyarakat umum ini. Prosesi ibadah haji sendiri akan dilaksanakan pada 8 hingga 12 Zulhijah atau diperkirakan 18 sampai 22 Juli mendatang.

Sebelumnya pada Rabu 30 Juni lalu kain Kiswah dinding Kakbah dinaikkan setinggi 3 meter. Ini menandai awal musim haji pada 2021 segera dimulai.

Setelah kain Kiswah dinaikkan, kemudian keempat sisi bangunan Kakbah ditutupi kain katun putih selebar 2 meter. Ini sebuah kebiasaan tahunan menjelang pelaksanaan ibadah haji.

Kiswah dinaikkan untuk menandai awal bulan haji setiap tahunnya. Ini juga dilakukan sebagai tindakan pencegahan untuk melindungi kain Kiswah karena jamaah yang menyentuh atau memegangnya saat tawaf dapat merusak bahan halusnya.