Awal Ramadhan, Indonesia Cetak Prestasi Internasional

MUS • Tuesday, 13 Apr 2021 - 20:55 WIB

Jakarta – Pada awal Ramadhan ini, Indonesia berhasil memenangkan Maddah Arrasul tingkat internasional. Juara 1 dimenangkan oleh Mukhlis Latasi, mahasiswa pasca sarjana dari Universitas Al-Azhar Cairo, Mesir.

“Awalnya saya ini iseng-iseng saja, setelah itu diminta guru-guru saya untuk pergi ke studio di Cairo. Alhamdulillah saya lolos ke semifinal, dan akhirnya masuk grandfinal. Ini sesuatu yang saya tidak duga-duga, apalagi banyak peserta yang sangat ahli, terutama dari Mesir. Tapi saya yakin bisa memenangkan Maddah Arrasul ini,” kata Mukhlis dalam program Trijaya Hot Topic Petang Selasa (13/4/2021).

Mukhlis mengaku pengalamannya sebagai Qori selama ini menjadi salah satu modal mengikuti Maddah Arrasul tingkat internasional. Ia juga sebelumnya belajar selama 4 tahun tentang tajwid dan nada-nada arab dari gurunya di Mesir.

“Selama belajar di pondok pesantren di Kalimantan Utara, saya belajar ilmu fiqih dan bahasa Arab. Di sinilah potensi-potensi yang dimiliki santri itu dikembangkan. Sehingga saat saya belajar di Kairo, kemampuan yang telah saya asah di pondok pesantren dapat dikembangkan lagi, sehingga bisa mengikuti ajang internasional seperti Maddah Arrasul ini,” tutup Mukhlis. (Daf)