UI Siapkan Webinar, Bahas Kemandirian Kesehatan di Indonesia

MUS • Tuesday, 23 Mar 2021 - 18:53 WIB

Jakarta - Setelah webinar pertama mengenai ekonomi, sukses pada Januari lalu, Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia (MWA UI) akan menggelar webinar series kedua mengenai kemandirian kesehatan Indonesia. Webinar kali ini merupakan kerja kolaborasi MWA UI, dengan Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional.

Ketua MWA UI, Saleh Husin mengatakan, webinar nantinya akan mengundang banyak narasumber seperti Menteri Kesehatan Budi Sadikin, Wamenkes, anggota-anggota MWA UI seperti Erick Thohir selaku Menteri BUMN, Menteri Ristek Bambang Brodjonegoro, para pakar dan Wakil Presiden KH. Maruf Amin.

“Tentu kita mengharapkan dari webinar ini akan ada pemahaman atau solusi untuk membangun ketahanan dan kemandirian kesehatan Indonesia. Hasil webinar ini akan dirangkum oleh teman-teman dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia untuk diserahkan kepada pemerintah,” ujar Saleh pada program Trijaya Hot Topic Petang, Selasa (23/3/2021).

Sementara itu Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Prof. Ari Fachrizal menjelaskan, infrastruktur bidang kesehatan di Indonesia masih sering mengandalkan barang-barang impor. Padahal menurutnya berbagai kampus sudah bisa memproduksi sendiri alat-alat kesehatan dan obat-obatan untuk menangani covid-19. Salah satunya ventilator karya Fakultas Teknik UI bersama FKUI. “Karena permasalahan inilah kami mengundang pakar-pakar untuk berdiskusi dalam webinar nanti,” tandas Ari. (Daf)