Siloam Hospitals Lippo Cikarang Lakukan Pengobatan Gratis di Muara Gembong

ANP • Wednesday, 17 Mar 2021 - 21:02 WIB

Bekasi, - Di tengah Pandemi Covid-19, Banjir melanda wilayah pesisir Muara Gembong, akibat meluapnya sungai Ciheurang dari bagian jalur sungai Citarum di Kabupaten Bekasi. Tidak saja menyisakan rasa pedih dan kehilangan, bagi warga yang bermukim di daerah Pantai Harapan Jaya. Kebutuhan dan bantuan layanan kesehatan pun diperlukan guna membangun kembali semangat beraktivitas bagi penduduknya.

Layanan kesehatan tidak saja diperlukan di masa Pandemi Covid-19. Namun, layanan lainnya harus tetap diutamakan. Dampak banjir, yaitu soal kesehatan juga hal penting yang harus kita selesaikan bersama. Karena itu ditengah masa Pandemi ini, Siloam Hospitals Lippo Cikarang hadir memenuhi kebutuhan itu,' tutur dr. Albert Limanto. MM., MARS., Direktur Siloam Hospitals Lippo Cikarang, membuka percakapan pada visi kemanusiaan Corporate Social Responsibility, Selasa (16/03/2021) di Cikarang. 

Memulai semangat kepedulian bersama tim medis Siloam Hospitals Lippo Cikarang guna memicu harapanetersediaan layanan kesehatan. Albert pun membentuk tim yang diketuai oleh Dr. Nancy Christina. MM. Tim Corporate Social Responsibility, terdiri dari 2 orang Dokter , 4 orang Perawat dan 2 orang apoteker. Dr Nancy dan tim melakukan survei dan dilanjutkan pengadaan layanan kesehatan dengan tetap mengacu pada protokol kesehatan.

"Kami melihat dampak besar dari paska banjir yang terjadi. Kebutuhan layanan kesehatan sangat dibutuhkan, terutama bagi kelompok lanjut usia dan anak. Sedangkan pada survei Minggu lalu, kami mendapat informasi belum ada tindakan medis dari pihak lainnya guna meningkatkan layanan bagi warga di desa pantai harapann jaya. Karenanya kami datang. Mudah mudahan ada semangat beraktivitas yang kembali hadir di lingkungan masyarakat," tutur dr Nancy Christina, Selasa (16/03/2021) kepada sejumlah media yang turut hadir dalam kegiatan CSR Layanan Kesehatan Siloam Hospitals Lippo Cikarang. 

Nancy, dokter yang berpraktek tetap di Rumah Sakit tersebut, menambahkan, adanya  antusiasme  warga cukup tinggi dan terbukti tercatat sekitar 90 warga dengan sabar, bahkan bergantian dengan tidak berkumpul, saling mengatur waktu kunjungan ke Posko Konsultasi dan Pengobatan medis gratis tersebut. 

"Protokol kesehatan tetap kami jalankan bersama masyarakat sekitar. Layanan medis berjalan tertib sesuai protokol Kesehatan. Sebagian besar diketahui mengidap penyakit gatal kulit, batuk dan kebutuhan vitamin," imbuh Nancy menambahkan. 

Sementara itu ditempat yang sama, Sekretaris Desa Pantai Harapan Jaya, Bapak Deden Febriansyah menyampaikan apresiasi kepedulian dan rasa terimakasihnya kepada team dari Rumah Sakit Siloam Lippo  Cikarang yang telah membantu kebutuhan layanan kesehatan bagi warganya. 

"Kami sangat bersyukur dan mengapresiasi layanan medis dari Siloam Hospitals Lippo Cikarang ini. Banyak warga kami terserang penyakit kulit, demam dan kebutuhan vitamin paska banjir seminggu yang lalu. Kehadiran tim CSR medis ini merupakan yang pertama dilakukan dari Tim Siloam Hospitals. Kami berharap layanan kesehatan ini dapat berlanjut setiap 3 atau 6 bulan," pungkas  Deden Febriansyah. (ANP)