Legislator PKS Apresiasi Gubernur Anies Tangani Banjir Di Ibukota

FAZ • Monday, 25 Jan 2021 - 20:34 WIB

Jakarta – Legislator Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD DKI Jakarta Yusriah Dzinnun mengapresiasi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan beserta jajarannya yang sudah bekerja lebih maksimal dalam menghadapi musim penghujan pada semester kedua tahun 2020 dan awal tahun 2021.

“Terbukti dengan kesiapsiagaan Pemprov DKI Jakarta dalam menangani genangan air di beberapa titik Ibukota tidak kurang dari enam jam,” demikian disampaikan Yusriah, Senin (25/1/2021).

Yusriah yang juga di Komisi D DPRD DKI Jakarta menambahkan, sesuai informasi prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang menyatakan wilayah Indonesia, tengah menghadapi fenomena La Nina. Hal itu secara langsung berdampak pada tingginya curah hujan hingga 40 persen dari kondisi normal. Peningkatan trend curah hujan ekstrem ini selain dipicu oleh fenomena dan gangguan skala iklim, dikaitkan juga sebagai dampak perubahan iklim yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi.

“Hal ini tergantung pada daya dukung lingkungan dalam merespon kondisi curah hujan, demikian pula banjir dan genangan, selain akibat curah hujan tinggi juga dapat diakibatkan kondisi permukaan yang tidak mendukung air mengalir dengan cepat atau normal ke saluran-saluran yang semestinya,” jelas Yusriah yang berasal dari daerah pemilihan Jakarta Utara III.

Yusriah pun meminta kepada SKPD terkait yaitu Dinas Sumber Daya Air (SDA) agar bersiap siaga penuh dengan menyiapkan serta memaksimalkan 480 pompa stationer dan petugas jaga pada titik lokasi rawan banjir, kemudian dalam mengantisipasi adanya pengungsian pada masa pandemi, kami meminta juga kepada BPBD DKI Jakarta, Dinas Kesehatan serta Dinas Sosial agar juga bersiap diri dengan segala kemungkinan yang akan terjadi di ibukota.

“Kami menghimbau masyarakat dan seluruh pihak untuk tetap terus mewaspadai potensi cuaca ekstrem yang cenderung meningkat di dalam periode puncak musim hujan ini, agar apabila bencana terjadi di wilayah ibukota maka tidak ada korban dan dipastikan semuanya selamat, insya Allah," kata Yusriah mengakhiri.

Diketahui, sejumlah ruas jalan di DKI Jakarta tergenang banjir pada Ahad (24/1/2021) pagi, jalan-jalan tersebut tergenang banjir karena hujan deras yang mengguyur Jakarta pada Ahad pagi. Menurut data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, terdapat 22 titik wilayah Ibukota yang terendam banjir, namun genangan air berangsur surut menjelang siang.