Facebook Dan Google Berikan Layanan Seperti Zoom

ITK • Wednesday, 29 Apr 2020 - 13:45 WIB

JAKARTA - Layanan konferensi video mengalami lonjakan pengguna yang tinggi dalam beberapa bulan terakhir. Dikarenakan saat pandemi serta physical distancing, orang lebih banyak memilih di rumah dan menggunakan layanan video tersebut untuk bekerja atau sekedar menyapa keluarga dan teman.

Dikutip dari Onmsft, Zoom melihat perkembangan yang signifikan dari sisi jumlah pengguna. CEO Zoom Eric Yuan mengatakan bahwa Zoom memiliki lebih dari 300 juta pengguna harian.

Perusahaan teknologi lainnya pun tidak mau kalah dari Zoom, mereka juga berlomba-lomba mengusung layanan video konferensi untuk pengguna. Facebook dan Google merupakan perusahaan yang melihat potensi ini.

Dilansir Nytimes, Mark Zuckerberg, kepala eksekutif Facebook, memerintahkan karyawan untuk meningkatkan dan fokus pada proyek obrolan video perusahaan sendiri, terutama karena penggunaan produknya juga meningkat.

Pekan lalu, Facebook meluncurkan salah satu ekspansi terbesarnya ke konferensi video dengan beberapa fitur dan layanan obrolan video baru. Layanan ini yakni obrolan grup video sebanyak 50 orang di Facebook Messenger.

Google juga memiliki aplikasi obrolan video, Meet yang bisa diakses melalui Gmail. Google memungkinkan Meet terhubung ke Gmail sehingga pengguna dapat mengambil panggilan video di dalam jendela browser email mereka.

Google tampak meniru Zoom, merilis tampilan gaya grid untuk Meet dan menambahkan fitur untuk meningkatkan kualitas video dalam kondisi kurang cahaya. Google juga menambahkan opsi pembatalan bising untuk panggilan video dan memperluas fitur-fitur canggih ke semua pelanggan secara gratis. (*)