Kurangi Angka Pengangguran, SDC Kota Kendari Dikukuhkan

• Saturday, 28 Dec 2019 - 16:12 WIB

Kendari - Skil Development Center (SDC) Kota Kendari, resmi dikukuhkan Sabtu (28/12/2019) di Same Hotel Kendari. Keberadaan SDC membuktikan komitmen pemkot untuk mewujudkan kota layak huni bagi warga kota Kendari yang berbasis ekologi, informasi dan teknologi, dengan tujuan meningkatkan kompetensi angkatan kerja untuk mengurangi pengangguran. 
 
Dalam sambutannya Walikota Kendari H.Sulkarnain K mengatakan, angkatan kerja di Kota Kendari sebanyak 9.141 orang, dari jumlah yang bekerja 154.567 orang dan jumlah pengangguran sebanyak 12.305 orang atau mencapai 7,22 persen.

"Skill Development Center ini jangan dipandang sebagai acara ceremonial saja, tetapi saya mengajak kepada kita sekalian, untuk melihat saudara-saudara kita yang belum beruntung, data tersebut menunjuk masalah yang harus mendapat solusi serta penanganan yang cepat." ungkapnya.

SDC merupakan forum yang melibatkan stake holder terkait antara pemerintah, dunia usaha dan dunia industri serta lembaga pendidikan vokasi.

"Forum ini dapat memetakan data masyarakat yang belum bekerja, by name, by address, by phone melihat kebutuhan tenaga kerja untuk dunia usaha dan industri serta jabatan atau keterampilan yang dibutuhkan sehingga kita dapat merencanakan jenis pendidikan vokasi yang dibutuhkan," pungkas Sulkarnain.

Forum SDC Kota Kendari periode 2019-2023 yang dikukuhkan Walikota Kendari, Pelaksana Teknis SDC diketuai Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Kendari, Benyamin Salempang. (Hengky)