Kementerian PPPA Jadikan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Surabaya Sebagai Role Model Nasional

• Monday, 9 Dec 2019 - 13:08 WIB

Surabaya - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak (PPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati mengapresiasi langkah Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dalam memberdayakan perempuan dan perlindungan anak. Sebab Risma sukses menggelar progam pemberdayaan pahlawan ekonomi dan pejuang muda, selain juga berbagai program untuk perlindungan anak.

"Saya senang dan mengapresiasi yang setinggi-tingginya kebijakan ibu Risma ini, karena sangat membantu kami di Kementerian Pemberdayaan Perempuan, apalagi sesuai dengan arahan bapak presiden kepada kami salah satu yang ditugaskan di kementerian pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, khususnya  untuk memberdayakan perempuan dalam bidang wirausaha," kata Gusti Ayu usai beraudensi dengan Walikota Surabaya dan jajaran OPD di Rumah Dinas Walikota di Kawasan Jln Walikota Mustajab No 1 Surabaya.

Gusti Ayu mengatakan, pendampingan pahlawan ekonomi dan pejuang muda mulai hulu hingga hilir, bisa menjadi role model ke depan di Kementerian PPA.

"Program pendampingan pahlawan ekonomi mungkin nanti ini bisa menjadi role model bagi Kementerian PPPA untuk dilakukan di tempat lainnya di seluruh pelosok tanah air," ujar Gusti Ayu.

Selain pemberdayaan perempuan, perlindungan anak di Kota Surabaya juga mendapatkan acungan jempol dari Menteri yang juga jago tenis meja tersebut. Menurut Gusti Ayu Bintang, Surabaya sebagai kota metropolitan tentunya berhadapan dengan berbagai masalah sosial, salah satunya terkait dengan anak. Sejauh ini Surabaya telah mampu berbuat banyak untuk perlindungan anak, khususnya anak anak yang terjerat masalah sosial.

"Saya mendapatkan informasi bahwa Surabaya sangat bagus dalam perlindungan anak,  khususnya anak jalanan dan juga anak anak yang bermasalah. Mereka tidak dibuang atau dibiarkan, namun dibina untuk menjadi baik seperti yang saya lihat sendiri di Kampung Anak Negeri yang bisa menjadi contoh pembinaan anak anak jalanan di daerah lain," ujar Gusti Ayu Bintang Darmawati.

Sementara itu Walikota Surabaya mengaku senang dengan kunjungan dan rencana Kementrian PPPA untuk mengadopsi kebijakan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak secara nasional.

"Alhamdulilah jika upaya Pemkot Surabaya dalam pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak mendapatkan apresiasi Kementrian PPPA. Semoga nantinya bisa menjadikan perempuan Indonesia kuat dan lebih berdaya saing, khususnya di bidang ekonomi " pungkas Risma. (Hermawan)