Peran UNDP di Forum Air Dunia ke-10: Perkuat Indonesia dan Dunia untuk Keamanan Air Global dan Kesejahteraan Bersama

ITK • Wednesday, 22 May 2024 - 18:48 WIB
Laporan UNDP tentang bisnis di sekitar sungai Citarum selama September 2022 hingga April 2024, yang diluncurkan pada 23 Mei 2024

Bali – Program Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNDP), bersama dengan perwakilan kantornya di Indonesia, memainkan peran penting dalam mempromosikan solusi air berkelanjutan di Forum Air Dunia ke-10 di Bali. Mengusung tema forum, "Air untuk Kesejahteraan Bersama," UNDP berkomitmen untuk memastikan akses air bersih yang adil dan berkelanjutan untuk semua.

Di Indonesia, upaya UNDP mencerminkan pendekatan terpadu dalam mengatasi tantangan akses terhadap air berkualitas. Melalui kemitraan dengan Uni Eropa dan Pemerintah Indonesia, UNDP mempromosikan Prinsip-Prinsip Panduan PBB tentang Bisnis dan Hak Asasi Manusia, terutama dengan fokus pada pengelolaan air yang bertanggung jawab dalam industri yang beroperasi di sepanjang Sungai Citarum, sungai terpanjang dan terbesar di Jawa Barat, Indonesia.

Pada 23 Mei, UNDP Indonesia juga meluncurkan laporan serta toolkit untuk membantu perusahaan dan industri di sepanjang Sungai Citarum dalam mengidentifikasi bisnisnya agar lebih bertanggung jawab dalam dampaknya terhadap air

"Kami telah menguji coba alat penilaian mandiri dengan perusahaan-perusahaan di sepanjang Citarum, termasuk perusahaan tekstil, di mana kami menerima umpan balik yang positif," ujar Norimasa Shimomura, Kepala Perwakilan Tetap UNDP Indonesia. "Kami berharap alat ini akan diadopsi oleh lebih banyak bisnis untuk menstandarisasi dan memperkuat upaya mereka dalam mencegah dan mengurangi risiko pencemaran air, di Indonesia dan di luar negeri."

Masyarakat sekitar, organisasi peduli lingkungan serta LSM gotong royong membersihkan anak sungai Citarum.

 

Komitmen UNDP terhadap keamanan air juga mencakup 170 negara lainnya. Dengan merangkul digitalisasi, inovasi, dan berbagai mekanisme pembiayaan, UNDP berupaya untuk mendorong kemajuan menuju akses yang adil terhadap air bersih dan pengelolaan air yang berkelanjutan untuk semua.

Portofolio air global UNDP yang luas mencerminkan dedikasinya, bekerja berdampingan dengan pemerintah dan mitra, untuk mengatasi tantangan air di berbagai sektor, termasuk perubahan iklim, energi, dan pertumbuhan inklusif. Agensi ini bekerja secara kolaboratif dengan pemerintah, komunitas, dan mitra untuk menerapkan solusi berbasis data dan mendorong tata kelola inklusif untuk kesejahteraan bersama.

“Air adalah kunci untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Air mencakup keseluruhan aspek masyarakat, dan tidak ada manusia yang pernah hidup tanpanya," kata Dr. Mary M. Matthews, Penasehat Teknis Senior Global Air UNDP, a.i. "Kita harus mengakui air sebagai sumber daya alam yang vital dan bekerja sama untuk secara menyeluruh mengatasi isu-isu air di semua sektor. UNDP berkomitmen untuk berbagi praktik terbaik dan saling belajar untuk keamanan dan kesejahteraan air, dan saya yakin Indonesia memiliki banyak pelajaran berharga untuk dibagikan."

Forum Air Dunia ke-10 menyediakan platform unik bagi UNDP untuk berbagi keahliannya, mendorong kolaborasi, dan mengadvokasi air sebagai pilar fundamental kesejahteraan bersama. Sebagai integrator global untuk tata kelola air, UNDP berdedikasi untuk membangun masa depan yang aman air bagi semua. (*ITK/R)