Fasilkom UMB Dorong Pemanfaatan Fasilitas Kesehatan Digital Pada Masyarakat

ANP • Wednesday, 15 May 2024 - 13:21 WIB

JAKARTA - Di tahun 2024 pada kesempatan ini, fakultas ilmu komputer Universitas Mercu Buana menggelar kegiatan Pengabdian Masyarakat berupa pelatihan dan sosialisasi hasil penelitian dalam bidang kesehatan untuk masyarakat kelurahan bintaro, diantaranya ada beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk konsultasi medis online atau telemedicine, dimana masyarakat dapat berkonsultasi dengan dokter atau profesional medis secara online melalui pesan teks, panggilan video, atau obrolan langsung, ada juga pemantau atau monitoring kesehatan untuk posyandu dan keluarga, selain itu juga terdapat aplikasi yang dapat mendeteksi penyakit tertentu seperti diabetes dan stunting. 

Pelatihan aplikasi kesehatan digital pada pengabdian masyarakat kali ini dilaksanakan di kantor kelurahan pesanggrahan bintaro. Di hadiri oleh warga bintaro, dari anak-anak, remaja hingga lansia, serta dihadiri langsung oleh lurah kelurahan bintaro yaitu Riza Fauzi S.T M.APNIP.

Lurah Pesanggarahan Bintaro, Riza Fauzi, S.T, M.APNIP dalam sambutannya mengatakan dengan "Pemanfaatan kesehatan digital ini diharapkan warga masyarakat bintaro dapat mencapai usia lanjut dengan tubuh yang sehat hingga akhir hayat". Harapan dimasa akan datang Fakultas Ilmu Komputer Universitas Mercu Buana terus memberikan ilmu yang bermanfaat dan menyebarluaskan teknologi yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan warga khususnya warga pesanggarahan Bintaro.

Sejumlah materi yang disampaikan pada kegiatan Pengabdian Masyarakat ini antara lain : Sosialisasi Aplikasi Kesehatan ibu hamil, Sosialisasi Pemanfaatan Telemedicine untuk Peningkatan Kesadaran Kesehatan Masyarakat, Sosialisasi aplikasi pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) untuk Masyarakat, Sosialisasi Aplikasi Pemantau Gizi Untuk Mendeteksi  Stunting Anak, Sosialisasi Pemanfaatan Aplikasi Tumbuh Kembang Anak, Pelatihan Google Data Studio Untuk Visualisasi Data Stunting Anak, dan Sosialisasi aplikasi deteksi penyakit diabetes.

Sejumlah dosen Fakultas Ilmu Komputer Unvierstas Mercu Buana yang terlibat dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini antara lain Bagus Priambodo, Yuwan Jumaryadi, Rinto Priambodo, Anita Ratnasari, Sarwati Rahayu, Nur Ani, Nia Rahma Kurnianda, Inge Handriani, Yunita Sartika Sari, Siti Maesaroh dan Misbahul Fajri.